Berkas Lengkap, JMSI Resmi Daftarkan Diri Sebagai Konstituen Dewan Pers

JMSI di kantor Dewan Pers saat mengajukan berkas pendaftaran Konstituen/RMOL

Pengalaman, dedikasi, dan solidaritas, menjadi kata kunci yang mendasari tekad Jaringan Media Siber Indonesia (JMSI) mengajukan persyaratan menjadi konstituen Dewan Pers.

Berbekal hal itu pula, hanya dalam waktu yang relatif singkat JMSI dapat memenuhi persyaratannya. Pada Senin (26/10) JMSI secara resmi menyampaikan berkas pendaftaran ke Dewan Pers.

“Kendati usia JMSI relatif muda, komitmen kita semua solid untuk ikut menciptakan ekosistem pers yang sehat dan profesional,” ujar Ketua Umum JMSI, Teguh Santosa saat penyerahan berkas didampingi Sekjen JMSI Mahmud Marhaba dan Ketua Dewan Pembina JMSI Gita Wirajawan.  

JMSI dideklarasikan pada 8 Februari di Banjarmasin bersamaan dengan Hari Pers Nasional (HPN) 2020. Tidak berapa lama, JMSI juga telah melakukan Munas pertama yang diselenggarakan pada akhir Juni yang sekaligus menjadi Munas terbesar karena diikuti oleh ratusan anggota.

Rombongan JMSI diterima Ketua Komisi Penelitian, Pendataan, dan Verifikasi Ahmad Djauhar, serta Wakil Ketua Dewan Pers Hendry Ch. Bangun.

Hadir dalam acara penyerahan berkas, antara lain Ketua Dewan Pakar JMSI Agung Darmajaya, anggota Dewan Pembina Irawati Hermawan, anggota Dewan Pakart JMSI Marah Sakti Siregar dan Syahrial Nasution.

Para pengurus JMSI dari Jakarta, Banten, Jawa Barat, Nusa Tenggara Barat (NTB), dan Gotontalo juga hadir dalam acara yang disiarkan langsung di Facebook JMSI serta melalui aplikasi di ruang virtual Zoom.

"Pertumbuhan media siber di tanah air semakin pesat. Di tahun 2017 menurut Kementerian Komunikasi dan Informatika jumlahnya mencapai angka 43 ribu media. Sementara di tahun 2019 jumlahnya terus bertambah hingga di atas 50 ribu media. Dengan demikian, kehadiran JMSI sebagai konstituen Dewan Pers akan tetap relavan," ujar Teguh.

Berbekal dedikasi dan pengalaman mendirikan dan membesarkan organisasi perusahaan media siber, Teguh yakin Dewan Pers akan menilai dan melihat komitmennya bersama JMSI sehingga bisa menerima JMSI menjadi konstituen Dewan Pers.

“Saya haqul yakin, Dewan Pers, karena melihat pengalaman dan komitmen kita, akan menerima kita menjadi konstituen Dewan Pers," ujar Teguh.  

"Hari ini yang diterima adalah pendaftaran Pimpinan Pusat. Setelah ini akan dilakukan verifikasi di masing-masing daerah. Insya Allah, dengan dukungan dari Bang Djauhar, Bang Hendry, Mas Agung, dan tentu saja (Ketua Dewan Pers) Pak Muhammad Nuh yang adalah sahabat baik Ketua Dewan Pembina kita, Bapak Gita Wirjawan, insya Allah di bulan Februari 2021 pada saat Hari Pers Nasional di DKI Jakarta JMSI sudah menjadi konstituen Dewan Pers,” ujar Teguh lagi.

Ketua Komisi Penelitian, Pendataan, dan Verifikasi Dewan Pers, Ahmad Djauhar, mengatakan keinginan JMSI menjadi konstituen Dewan Pers adalah hal yang baik.

"Tahun 2020 ini Dewan Pers telah menerima tiga konstituen baru, sehingga saat ini ada sepuluh konstituen Dewan Pers. Namun begitu, Dewan Pers merasa masih perlu menambah konstituen karena tantangan yang dihadapi semakin tinggi," ujarnya, menambahkan proyeksi ke depan akan ada penambahan anggota Dewan Pers.
EDITOR: RENI ERINA

Kolom Komentar


Video

Pendemi Covid-19, Ilhami Sari Rogo Wujudkan Agrowisata Unila dan Hortipark Pesawaran

Selasa, 01 Desember 2020
Video

Sari Rogo Dan Kerikil Agrowisata Unila

Selasa, 01 Desember 2020
Video

Anies Baswedan Positif Covid-19

Selasa, 01 Desember 2020

Artikel Lainnya

Anies-Ariza Positif Covid-19, DPRD DKI: Pelajaran Agar Tidak Remehkan Corona
Nusantara

Anies-Ariza Positif Covid-19..

01 Desember 2020 16:56
Beda Dengan Anies, Gubernur Riau Langsung Dirawat Usai Dinyatakan Positif Covid-19
Nusantara

Beda Dengan Anies, Gubernur ..

01 Desember 2020 16:11
Lakukan Evaluasi, Ganjar Pranowo: Sekolah Tatap Muka Tidak Bisa Dilakukan Serempak
Nusantara

Lakukan Evaluasi, Ganjar Pra..

01 Desember 2020 13:46
Doakan Kesembuhan Anies, Zita Anjani: Syafakillah, DKI Needs You
Nusantara

Doakan Kesembuhan Anies, Zit..

01 Desember 2020 12:35
Cegah Sebaran Covid-19 Klaster Perumahan, BIN Gelar Swab Test Di Taman Rafflesia Bekasi
Nusantara

Cegah Sebaran Covid-19 Klast..

01 Desember 2020 12:19
Isolasi Mandiri, Anies Baswedan Berpesan Kepada Jajaran Pemprov Agar Tetap Giat Bekerja
Nusantara

Isolasi Mandiri, Anies Baswe..

01 Desember 2020 11:23
Positif Covid-19, Anies Tetap Bekerja Dan Pimpin Rapat Secara Virtual
Nusantara

Positif Covid-19, Anies Teta..

01 Desember 2020 11:10
Positif Covid-19 Tanpa Gejala, Gubernur Anies Baswedan Akan Menjalani Isolasi Mandiri
Nusantara

Positif Covid-19 Tanpa Gejal..

01 Desember 2020 10:40