Selamat Idul Fitri
Selamat Idul Fitri Mobile
Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Diserang Kampanye Hitam Pilwakot, Seorang Dokter Di Surabaya Lapor Polda Jatim

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-kiflan-wakik-1'>AHMAD KIFLAN WAKIK</a>
LAPORAN: AHMAD KIFLAN WAKIK
  • Senin, 26 Oktober 2020, 20:18 WIB
Diserang Kampanye Hitam Pilwakot, Seorang Dokter Di Surabaya Lapor Polda Jatim
David Andreasmito melapor ke Polda Jawa Timur karena dirinya beserta calon walikota Surabaya Machfud Arifin merasa difitnah/Net
rmol news logo Pemilihan walikota Surabaya tahun 2020 semakin memanas dengan diwarnai kampanye hitam atau black campaign.

Kampanye hitam itu salah satunya dirasakan pengusaha yang juga seorang dokter gigi, David Andreasmito yang melapor ke Polda Jawa Timur karena dirinya beserta calon walikota Surabaya Machfud Arifin merasa difitnah.

Dari beragam caption foto yang dijadikan bukti laporan, David dituding menjadi backing calon walikota Surabaya Machfud Arifin.

Salah satu yang dia tunjukkan adalah fotonya bersama Machfud Arifin dengan keterangan 'Calon Walkot Surabaya Dibekingi Mafia Alkes'.

"Bukti-bukti ini sudah menampilkan gambar foto orang dan tulisan atau caption yang kurang pas dan tidak bisa dipertanggungjawabkan. Itu menyerang secara personal dan menjurus ke fitnah," ujar David Andreasmito kepada wartawan, Senin (26/10).

Untuk itu, David kemudian memutuskan untuk melaporkan akun-akun yang menyebarkan foto dan tulisan fitnah tersebut ke Polda Jatim.

"Saya yakin, akun ini menyebarkan informasi hoax, informasi yang memfitnah, dan akun yang bukan dibuat oleh warga Surabaya. Oleh karena itu, saya datang ke Polda Jatim untuk melaporkan ujaran kebencian dan fitnah ini," terangnya.

Ia menambahkan, selama ini dirinya sering difitnah. Namun kali ini, dirinya tidak bisa tinggal diam, karena fitnah tersebut dikaitkan dengan pemilihan walikota.

"Saya menduga ada pihak-pihak yang ingin menyerang dan mencari-cari kesalahan Pak Machfud Arifin, tapi tidak bisa menemukan karena Pak Machfud orangnya baik, peduli pada warga. Sehingga yang diserang saya dan dikait-kaitkan dengan Pak Machfud. Ini kotor dan keji," kesalnya.

"Ini sudah menyerang secara personal, dan jiwa saya sebagai arek Suroboyo sudah tidak bisa diam lagi, harus saya lawan," tegasnya.

Adapun akun yang dilaporkan adalah akun instagram di._.rante, hingga screenshot akun twitter @digeeembokFC. Juga akun facebook Rahmayanti Maya Dokter Mey, yang ikut menyebarkan foto-foto hoax.

"Kita berharap polisi segera mengungkap dan menangkap pelaku penyebar hoax, fitnah dan mengganggu ketentraman warga Surabaya," harapnya.

Sementara itu, kuasa hukum David Andreasmito, Aulia Rachman menerangkan, akun-akun yang menyerang secara personal calon walikota Machfud Arifin maupun kliennya adalah akun robot.

"Itu akun-akun robot, akun yang tidak jelas. Oleh karena itu, saya berharap kepada Polda Jatim untuk menangkap orang-orang yang membuat akun-akun robot, maupun orang-orang yang ikut menyebarkan informasi dan caption foto-foto hoax," tegas Rachman.

Pasal yang disangkakan terhadap laporan tersebut yakni, Pasal 27 ayat 3 jo 45 ayat 1 UU 11/2008 tentang Informasi dan Transaksi Elekteronik. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA