Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Jokowi Minta UMKM Terus Bekerja Keras Dimasa Pandemi Covid-19

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-satryo-1'>AHMAD SATRYO</a>
LAPORAN: AHMAD SATRYO
  • Senin, 26 Oktober 2020, 11:50 WIB
Jokowi Minta UMKM Terus Bekerja Keras Dimasa Pandemi Covid-19
Jokowi/Net
rmol news logo Salah satu sektor ekonomi masyarakat yang terdampak pandemi Covid-19 adalah Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM).

Berdasarkan hasil survei Badan Pusat Statistik (BPS) pada 10-26 Juli 2020 dengan melibatkan 34.559 pelaku usaha, ditemukan sebanyak 84 persen responden pelaku usaha mikro dan kecil menurun pendapatannya karena corona.

Sementara, ada sebanyak 82 persen responden dari kalangan pelaku usaha menengah dan besar mengalami penurunan pendapatan.

Di tengah ketidakpastian ekonomi akibat Covid-19 yang masih melanda di dalam negeri, Presiden Joko Widodo memastikan para pelaku UMKM yang terdampak bisa mendapat bantuan modal usaha dari pemerintah.

"Saya memahami kesulitan para pelaku usaha, terutama UMKM di tengah pandemi ini. Untuk itu, pemerintah meluncurkan berbagai program," ujar Jokowi dalam akun Twitternya, @jokowi, Senin (26/10).

Program bantuan untuk UMKM yang diberikan pemerintah, dijelaskan Jokowi, adalah Bantuan Presiden (Banpres) Produktif yang besarannya mencapai Rp 2,4 juta per pelaku usaha.

"Diantaranya Banpres Produktif bagi pelaku usaha mikro dan kecil," sambung Jokowi.

Lebih lanjut, mantan Wali Kota Solo ini berharap para pelaku usaha bisa bertahan dimasa pandemi Covid-19. Karenanya ia memberikan semangat kepada seluruh UMKM.

"Saya berharap, mereka (UMKM) tetap semangat dan bekerja keras, demikian Joko Widodo menutup cuitannya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA