Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Rektor President University: Saatnya Mengubah Pandemi Sebagai Peluang Mempertajam Kewirausahaan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/diki-trianto-1'>DIKI TRIANTO</a>
LAPORAN: DIKI TRIANTO
  • Minggu, 25 Oktober 2020, 22:34 WIB
Rektor President University: Saatnya Mengubah Pandemi Sebagai Peluang Mempertajam Kewirausahaan
Wisuda ke-15 President University yang digelar secara daring/Repro
rmol news logo Di tengah usaha pemerintah untuk mengatasi wabah virus corona (Covid-19), Rektor President University Prof Jony Oktavian Haryanto justru melihat ada peluang baru dan unik bagi wisudawan.

“Saat ini PHK terjadi di mana-mana. Banyak pencari kerja yang kesulitan mencari pekerjaan. Ada ungkapan, lautan ganas justru menciptakan pelaut terampil. Maka, inilah saatnya mengubah pandemi sebagai peluang untuk mempertajam jiwa kewirausahaan," kata Prof Jony Oktavian Haryanto dalam keterangan tertulisnya, Minggu (25/10).

Hal tersebut ia sampaikan dalam upacara wisuda ke-15 President University secara daring yang mengambil topik 'Economics Development through Combination of Artificial Intelligence and Automation' dan diikuti oleh hampir seribu mahasiswa.

Di tengah pandemi seperti saat ini, jelasnya, banyak bisnis baru yang bermunculan yang bahkan bisa dikelola hanya dengan gadget. Kehadiran bisnis-bisnis baru itu ternyata sangat membantu masyarakat.

Oleh karenanya, ia mengajak wisudawan untuk membangun bisnis-bisnis baru yang menggabungkan pengetahuan yang mereka peroleh selama kuliah dengan perkembangan teknologi.

“Saya optimis, bisnis-bisnis baru para wisudawan akan memberikan dampak nyata. Bukan hanya membantu masyarakat untuk bertahan di era pandemi, tetapi juga menciptakan dunia yang lebih baik dan penuh harapan,” tegas Prof. Jony.

Senada dengan Prof Jony, pendiri President University, S. D. Darmono juga menegaskan bahwa perubahan yang terjadi di masa pandemi akan menjadi hal positif bila wisudawan mampu beradaptasi dengan cepat. Salah satu unsur penting dalam kemampuan beradaptasi adalah networking.

"Jagalah hubungan baik dengan sesama alumi dan terus memperluas jejaring. Berjejaring dan membina persahabatan itu sangat penting bagi karier anda, baik yang berkarier sebagai profesional, pengusaha, termasuk bagi mereka yang terjun ke dunia politik," tegasnya.

Saat ini jejaring wisudawan President University tak hanya tersebar di dalam negeri, tetapi juga di luar negeri. Sebab, mahasiswa President University, termasuk lulusannya, juga datang dari 19 negara di dunia. Ini membuat mahasiswa dsan wisudawan berkesempatan untuk memiliki koneksi yang luas.

Dalam upacara wisuda kali ini, President University juga mengundang Cleopatra Veloutsou, profesor brand management dari University of Glasgow, United Kingdom. Dalam pesannya yang disampaikan secara virtual, Prof Veloutsou menekankan wisudawan tentang pentingnya untuk tidak hanya memiliki ilmu, namun mengerti cara menggunakannya.

“Universitas telah mengajarkan keterampilan berpikir. Gunakanlah keterampilan itu untuk perluas kerangka berpikir. Cobalah mencari solusi. Cobalah untuk menemukan pendekatan alternatif yang dapat menyelesaikan permasalahan yang ada di komunitas,” demikian pesan Prof Veloutsou. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA