Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Ketua IKA Unpad: Peran Relawan Vaksin Covid-19 Sangat Penting Dalam Mengubah Perilaku Masyarakat

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/agus-dwi-1'>AGUS DWI</a>
LAPORAN: AGUS DWI
  • Minggu, 25 Oktober 2020, 04:15 WIB
Ketua IKA Unpad: Peran Relawan Vaksin Covid-19 Sangat Penting Dalam Mengubah Perilaku Masyarakat
Ketua Umum IKA Unpad, Irawati Hermawan/Istimewa
rmol news logo Menjadi relawan vaksin Covid-19 bukan hal yang mudah. Bahkan punya peran penting dalam mengubah perilaku masyarakat.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Hal itu dikemukakan Ketua Umum IKA, Irawati Hermawan, saat meninjau Pelatihan Relawan Covid-19 di Bandung, Sabtu (24/10). Kegiatan pelatihan tersebut digelar sejak 19 Oktober hingga 9 November 2020.

Dalam kesempatan itu, Teh Ira, sapaan akrabnya, mengunjungi kelas pelatihan dan memberikan materi kepada para relawan. Turut mendampingi, Ketua Knowledge Center dan PIC kegiatan pelatihan, Teh Inge, dan Ketua Halal Center IKA Unpad, Kang Adang Tsaury.

Saat di podium Teh Ira menyampaikan, pemerintah melalui Bio Farma sedang bekerjasama dengan Sinovac untuk memproduksi vaksin Covid-19. Dalam kerjasama tersebut, ada proses transfer of knowledge yang memungkinkan Indonesia untuk menjadi negara produsen vaksin Covid-19 terkemuka.

Berdasarkan informasi yang didapat Teh Ira, Bio Farma masih perlu beberapa waktu untuk memulai memproduksi massal vaksin. Belum lagi pemerintah pun masih perlu melakukan banyak persiapan untuk mulai melakukan vaksinasi.

“Maka keterlibatan Akang Teteh fasilitator dan relawan sangat-sangat penting untuk mengubah prilaku masyarakat sebelum pemerintah melakukan vaksinasi,” ujarnya, dikutip Kantor Berita RMOLJabar.

Kepada para relawan, Teh Ira berpesan agar apa yang didapat selama pelatihan bisa jadi panduan dalam mengedukasi masyarakat. Ia berharap para relawan jadi garda terdepan upaya peningkatan kesadaran masyarakat akan pentingnya menjadikan protokol kesehatan Covid-19 sebagai kebiasaan hidup baru.

Dalam pandangan Teh Ira, apa yang akan dilakukan para relawan akan menjadi sumbangan besar bagi kemanusian. Oleh karena itu ia mengingatkan para relawan agar berhati-hati dan tetap menjaga kesehatan selama menjalankan tugas.

“Tak lupa mari kita doakan agar pandemi ini bisa segera berakhir,” pungkasnya.

Diketahui, kegiatan ini adalah hasil kerja sama IKA Unpad dengan Perhimpunan Organisasi Alumni Perguruan Tinggi Negeri Indonesia (Himpuni) dan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB). Total ada 6 kota yang dilibatkan dalam pilot pelatihan tersebut.

Keberhasilan pilot pelatihan di Bandung akan menjadi contoh bagi penyelenggaraan di lokasi lainnya, sekaligus membuka wacana kerjasama antara sesama fasilitator dan relawan, serta mempererat jejaring antarorganisasi alumni dalam menanggulangi dampak Covid-19. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA