Raih 3 Emas, UI Pertahankan Juara Umum Gemastik Nasional Bidang IT 5 Kali Beruntun

Pengumuman pemenang Gemastik 2020 secara daring/Istimewa

RMOL. Universitas Indonesia (UI) kembali menjadi juara umum pada kompetisi mahasiswa nasional bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi, Gemastik ke-13 yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Untuk kelima kalinya secara berturutan, UI menjuarai kompetisi ini atau merupakan yang ke-8 bagi UI meraih Juara Umum Gemastik sejak pertama kali diselenggarakan pada 2008. Final Gemastik dilakukan secara daring pada 23 Oktober 2020, dengan Universitas Telkom sebagai tuan rumah.

Kontingan UI sukses kembali menyabet juara umum setelah meraih 3 medali emas, 2 perak, 1 perunggu, dan 2 Juara Harapan.

Dengan raihan prestasi tersebut, UI berhak membawa pulang kembali piala bergilir “Samakbya Padhesa Widya” yang bermakna informasi yang benar untuk ilmu pengetahuan.

Adapun daftar nama kontingen mahasiswa UI dalam ajang Gemastik 2020 dalam lomba Penambangan Data adalah Douglas Raevan Faisal, dan Rd Pradipta Gitaya Samiadji (peraih juara satu); serta Eko Julianto Salim, Jonathan Nicholas, Jovi Handono Hutama (peraih juara dua).
Berikutnya, pada cabang Lomba Kota Cerdas adalah Angelina Condro, Cassie Michelle, Rahmadian Tio Pratama (juara satu).

Sementara tim UI yang terdiri dari Gregorius Aprisunnea, Rachel Larasati, dan Jihan Maulana Octa berhasil meraih juara satu pada cabang lomba Pengembangan Bisnis TIK.

Pada cabang Lomba Pemrograman, tim yang terdiri atas Muhammad Salman Al Farisi, Ahmad Haulian Yoga Pratama, Andrew Theodore Tjondrowidjojo berhasil meraih juara dua. Ditambah Hocky Yudhiono, Raden Fausta Anugrah Dianparama, Julian Fernando meraih Juara Harapan.

Berikutnya, pada cabang lomba Desain Pengalaman Pengguna terdiri dari Abraham Williams Lumbantobing, Roshani Ayu Pranasti, Jose Devian Hibono (peraih juara harapan). Di cabang lomba Pengembangan Perangkat Lunak, tim yang terdiri dari Michael Wiryadinata Halim, Muhammad Fairuzi Teguh, dan Fakhira Devina meraih juara tiga.

Untuk diketahui, seluruh peserta bersaing pada 11 kategori lomba. Yaitu pemrograman (Programming), keamanan siber (Cyber Security), penambangan data (Data Mining), desain pengalaman pengguna (UX Design), animasi (Animation), kota cerdas (Smart City), karya tulis ilmiah tik (ICT Scientific Paper), pengembangan perangkat lunak (Software Development), piranti cerdas, sistem benam & iot (Smart Device, Embedded System & IOT), pengembangan aplikasi permainan (Game Development), dan pengembangan bisnis tik (ICT Business Development).

Gemastik merupakan gelaran lomba mahasiswa tingkat nasional bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) yang merupakan program Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas), Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Dari tahun ke tahun, tingkat persaingan di dalam Gemastik semakin meningkat. Untuk tahun ini, sebanyak 2.869 tim dari 175 Perguruan Tinggi yang tersebar di 33 provinsi se-Indonesia ikut bersaing.

Finalis Gemastik tahun ini berasal universitas-universitas seluruh Indonesia. Di antaranya Institut Teknologi Sepuluh November dan Institut Teknologi Bandung yang menempati peringkat dua dan tiga secara berturut-turut pada klasemen akhir.
EDITOR: AGUS DWI

Kolom Komentar


Video

Ular Piton 3,5 Meter Ditangkap Usai Mangsa Ternak Warga Boyolali

Selasa, 01 Desember 2020
Video

Sari Rogo Dan Kerikil Agrowisata Unila

Selasa, 01 Desember 2020
Video

Anies Baswedan Positif Covid-19

Selasa, 01 Desember 2020

Artikel Lainnya

Terpilih Sebagai Wakil Ketua C40 Cities, Anies Baswedan Akan Memberi Arahan Strategis Pemulihan Ekonomi Kota Akibat Pandemi
Nusantara

Terpilih Sebagai Wakil Ketua..

05 Desember 2020 13:39
Jadi Jurkam ESA, Waketum AMPG Optimis Bengkalis Akan Jauh Lebih Baik
Nusantara

Jadi Jurkam ESA, Waketum AMP..

05 Desember 2020 13:18
PPK Kemayoran Komitmen Rawat 3 Relief Bandara Jejak Sejarah Penerbangan Indonesia
Nusantara

PPK Kemayoran Komitmen Rawat..

05 Desember 2020 10:17
Doni Monardo Kunjungi Kawasan Konservasi Nusakambangan, Pastikan Ekosistem Alam Terjaga
Nusantara

Doni Monardo Kunjungi Kawasa..

05 Desember 2020 10:10
Proyek Menantu Jokowi Pernah Bikin Warga Sukabumi Banjir Lumpur, Don Adam: Lalu Mau Kau Pindahkan Ke Medan?
Nusantara

Proyek Menantu Jokowi Pernah..

05 Desember 2020 09:55
Zubairi Djoerban: Jangan Sampai Polarisasi Merugikan Penanganan Covid-19!
Nusantara

Zubairi Djoerban: Jangan Sam..

05 Desember 2020 09:12
Gories Mere Dan Karni Ilyas Tidak Terkait Dengan Kasus Jual Beli Tanah Di Labuan Bajo
Nusantara

Gories Mere Dan Karni Ilyas ..

05 Desember 2020 05:37
Habib Umar Al Hamid Minta Pemerintah Cermati Seruan Dialog Habib Rizieq
Nusantara

Habib Umar Al Hamid Minta Pe..

04 Desember 2020 19:10