Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Dari Hobi Jadi Rezeki, Pemerintah Diharapkan Beri Perhatian Industri Ikan Cupang

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/faisal-aristama-1'>FAISAL ARISTAMA</a>
LAPORAN: FAISAL ARISTAMA
  • Sabtu, 24 Oktober 2020, 15:42 WIB
Dari Hobi Jadi Rezeki, Pemerintah Diharapkan Beri Perhatian Industri Ikan Cupang
Alie Pradana Kharisma dan kawan-kawan/Net
rmol news logo Pandemi Covid-19 yang sedang melanda membuat orang-orang banyak beratifitas di dalam rumah. Selain tetap bekerja, ada juga yang menekuni hobi dan kegemaran.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Salah satunya adalah memelihara ikan cupang. Bukan sekadar hobi, memelihara ikan cupang juga bisa mendatangkan rezeki pada masa pandemi seperti sekarang ini.

Hal itulah yang Alie Pradana Kharisma yang memulai hobi barunya memelihara cupang.

"Awalnya saya diracuni teman saya untuk memelihara cupang, mulai dari melihat koleksi ikan cupang peliharaan teman, datang ke peternak cupang hingga mengikuti lelang cupang di sosial media," kata Alie dalam keterangannya, Sabtu (24/10).

Alie tertarik saat mengikuti lelang yang harganya mencapai ratusan ribu. Dia pun merasa ikan cupang sudah menjadi industri yang berkembang dengan baik dan bisa membantu masyarakat yang terkena dampak pandemi.

Perkembangan industri ikan cupang di tengah pandemi virus corona seperti membuat akuarium, menjadi peternak cupang hingga dijadikan konten youtube terus mengalami peningkatan.

Untuk itu, pemerintah diharapkan memberikan dukungan seperti mempermudah modal dan hal lainnya yang dapat mendorong industri tersebut.

Senada dengan Alie, Dimas Rangga yang merupakan personil Band Last Child, mengatakan harga ikan cupang ikut mengalami kenaikan dan trend dengan semakin banyaknya orang mencari ikan cupang.

Apalagi, kata Dimas, pengaruh artis atau influencer membuat harganya mengalami kenaikan untuk jenis tertentu. Kondisi tersebut membuat harga ikan cupang di pasaran ikut naik.

"Saya juga memelihara beberapa jenis ikan cupang, ini salah satu upaya untuk mendorong industri ikan cupang. Selain itu dengan hobi ikan cupang ini, kita juga makin mempererat silahturahmi dengan teman teman sesama pencinta ikan cupang," terang Dimas.

Dimas Rangga juga memiliki koleksi ikan cupang di @Dashbetta, Dimas mendorong masyarakat untuk tetap semangat menghadapi pandemi salah satunya dengan cara berbisnis ikan cupang yang memiliki potensi dan peluang cukup besar.

Salah satu peternak ikan cupang Agay pemilik akun @Betta_agay16 menyampaikan, cupang mempunyai market yang besar, bukan hanya di Indonesia tapi di luar negeri.

"Apalagi sekarang sudah banyak kontes ikan cupang dan di tengah pandemi ini masyarakat yang beraktivitas di rumah bisa mulai dari memelihara cupang untuk hiburan hingga mendapatkan rezeki dari bisnis cupang," ujar Agay.

Selain itu, dia juga menuturkan cuaca di Indonesia cukup bagus untuk memelihara ikan cupang. Sehingga masyarakat tidak perlu khawatir akan susah memelihara ikan cupang, apalagi masyarakat Indonesia sudah familiar dengan ikan ini. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA