Asean Korea Coopertion Onwards
ASEAN-KOREA Cooperation Upgrade
Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Tak Mau Kalah Dengan Brazil Dan Australia, Maruf Amin Impikan RI Jadi Pusat Produsen Halal Dunia

LAPORAN: AHMAD SATRYO
  • Sabtu, 24 Oktober 2020, 14:37 WIB
Tak Mau Kalah Dengan Brazil Dan Australia, Maruf Amin Impikan RI Jadi Pusat Produsen Halal Dunia
Maruf Amin/Net
Wakil Presiden Maruf Amin mengimpikan Indonesia menjadi pusat produsen halal dunia.

Hal itu disampaikan Maruf saat menjadi keynote speech pada acara Webinar Strategi Nasional bertajuk "Indonesia Menuju Pusat Produsen Halal Dunia", di Istana Wakil Presiden, Sabtu (24/10).

Dalam pemaparannya, Maruf menyebut pasar halal global tidak hanya diminati negara berpenduduk mayoritas muslim seperti Indonesia, tapi juga negara berpenduduk non-muslim seperti Brazil dan Australia.

"Berdasarkan laporan Global Islamic Economic Report tahun 2019, Brazil menempati posisi pertama eksportir makanan dan minuman halal. Australia berada di posisi kedua," ujar Maruf.

Mantan Ketua Rais A'am Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) ini mengatakan, Republik Indonesia (RI) bisa menjadi pusat produsen halal dunia dengan beberapa cara.

"Untuk menjadikan Indonesia pusat produsen halal dunia, diperlukan langkah strategis oleh pemangku kepentingan terkait secara simultan dan kolaboratif," ungkapnya.

Ke depannya, Maruf memperkirakan produk-produk halal akan sangat dimintai pasar global. Sebab, kemungkinan jumlah penduduk muslim di dunia akan mencapai 2,2 miliar jiwa pada tahun 2030.

"Maka angka perekonomian pasar industri halal global akan terus meningkat pesat. Ini merupakan potensi dan peluang sangat besar yang harus dimanfaatkan Indonesia dengan memenuhi kebutuhan global melalui ekspor produk halal," tuturnya.

"Saya mengajak berbagai pemangku kepentingan untuk bersungguh-sungguh bergerak menjadikan Indonesia tidak lagi sebagai konsumen, tetapi sebagai produsen dan eksportir produk halal terbesar dunia," demikian Maruf Amin.
EDITOR: AHMAD SATRYO

ARTIKEL LAINNYA