Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Solusi Doni Monardo Untuk Ekonomi Rakyat Dimasa Covid-19: Kembangkan Sektor Usaha Pariwisata dan Perikanan Di Aliran Sungai Ciliwung

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-satryo-1'>AHMAD SATRYO</a>
LAPORAN: AHMAD SATRYO
  • Selasa, 20 Oktober 2020, 13:49 WIB
Solusi Doni Monardo Untuk Ekonomi Rakyat Dimasa Covid-19: Kembangkan Sektor Usaha Pariwisata dan Perikanan Di Aliran Sungai Ciliwung
Doni Monardo (tengah) saat berbicara di diskusi virtual BNPB/Repro
rmol news logo Pandemi Covid-19 yang juga memberikan dampak kepada perekonomian masyarakat, dicarikan solusinya oleh Ketua Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19, Doni Monardo.

Salah satu instrumen yang bisa dikemba,gkan sebagai mata pencaharian atau pendapatan masyarakat dimasa Covid-19 sekarang ini adalah dengan memanfaatkan aliran sungai Ciliwung.

Menurut Doni, bagian tengah dan bagian hilir sungai Ciliwung bisa dimanfaatkan masyarakat sepanjang aliran sungai untuk menjadi sarana pariwisata atau rekreasi dan hiburan, serta balai pembenihan ikan air tawar.

"Kalau ini semua bisa dilakukan, maka masyarakat akan bisa mendapatkan nilai tambah," ujar Doni dalam diskusi virtual yang disiarkan Youtube BNPB, Selasa (20/10).

Selama ini, lanjut Jendral TNI bintang tiga ini, aliran Sungai Ciliwung memiliki banyak anak-cucu sungai seperti waduk, setu dan semacamnya yang digunakan untuk mengantisipasi banjir kiriman dari hulu sungai.

Semua itu bisa dimanfaatkan menurutnya untuk ladang perekonomian rakyat, jika dikelola dengan baik dan disokong oleh pemerinah daerah setempat dari segi pembiyaan dan pengelolaannya.

"Harapan saya di sini adalah pemerintah provinsi, kabupaten/kota, bisa mengalokasikan APBD mereka untuk digunakan bagi masyarakat yang ada di sepanjang sungai. Sehingga kepala desa punya lebih banyak kekuatan untuk menggerakkan masyarakat, melakukan perawatan kepada sungai," ungkapnya.

"Sungai terpelihara dan akhirnya juga bisa mendapatkan konsumsi makanan tambahan dari alam sekitarnya. Alam terpelihara ekonomi masyarakat tumbuh, dan juga kebahagiaan masyarakat pasti akan meningkat," sambung Doni.

Ide-ide dan upaya-upaya semacam ini, ditekankan Doni, merupakan strategi untuk menghadapi Covid-19. Karena, faktor menghindari resiko penularan virus adalah meningkatkan imunitas tubuh.

"Imunitas tubuh kita akan bisa kuat kalau kita bergembira, kalau kita dalam kunci hati yang senang. Jadi ini sebenarnya bisa saling berhubungan antara alam dengan kesehatan," demikian Doni Monardo. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA