Di Acara Sedekah Bumi, Ridwan Kamil Tegaskan Komitmennya Kembangkan Pariwisata Kuningan

Gubernur Jabar, Ridwan Kamil saat hadiri acara sedekah bumi/RMOLJabar

Gubernur Jawa Barat, M Ridwan Kamil menghadiri acara Sedekah Bumi di Pager Gunung Camp Site, Desa Wisata Cibuntu, Kecamatan Pasawahan Kabupaten Kuningan, Sabtu (17/10).

Kedatangan Gubernur disambut langsung, Bupati Kuningan Acep Purnama, Wakil Bupati Kuningan, M Ridho Suganda, Sekda Kuningan Dian Rachmat Yanuar, dan Kepala Desa Cibuntu Awam Hamara dengan diiringi upacara adat penyambutan.

Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, dalam kesempatan tersebut mengungkapkan rasa bahagia dapat hadir menyaksikan langsung upacara adat Sedekah Bumi di Desa Cibuntu.

Diakui Kang Emil, sapaan akrabnya, Kabupaten Kuningan sangat kaya akan potensi wisata karena didukung oleh letak geografisnya yang berada di kaki Gunung Ciremai.

Menurut Kang Emil, tidak dipungkiri Kabupaten Kuningan mendapatkan perhatian lebih dari pihak Pemrov Jabar dalam pengembangan wisata.

"Saya ini sangat sayang kepada masyarakat Kabupaten Kuningan. Saking sayangnya, saya baru dua tahun jadi Gubernur, kurang lebih sudah ada 7 proyek yang sudah, yang sedang dan akan dibangun di Kabupaten Kuningan. Diantaranya adalah renovasi dan revitalisasi Alun-Alun Kuningannya langsung, kemudian Waduk Darma yang sedang kita perbaiki dan tahap satunya sudah selesai," tutur kang Emil, seperti diberitakan Kantor Berita RMOLJabar.

Pariwisata, dikatakan Emil merupakan sektor penting dan pariwisata adalah ekonomi yang paling baik. Untuk itu bagi desa-desa lain di Kabupaten Kuningan yang ingin mendapatkan Bantuan Gubernur dalam pengembangan pariwisata, untuk betul-betul menunjukan kinerja, konsep dan unggulannya.

"Makanya saya ucapkan terima kasih, Ibu dari STP Trisakti yang selalu membimbing pengembangan pariwisata Kabupaten Kuningan, saya kira itu adalah contoh kolaborasi yang baik," ujarnya.

Dalam upaya mendukung Desa Cibuntu sebagai Desa Wisata yang semakin maju dan berkembang, Emil mengatakan, untuk Tahun Anggaran 2021 Pemprov Jabar akan memberikan bantuan dana sebesar Rp 5 Miliar bagi Desa Cibuntu, yang dialokasikan untuk pembangunan masjid sebesar Rp 2 miliar dan Rp 3 miliar untuk perbaikan-perbaikan pariwisata.

Selanjutnya dalam kesempatan tersebut, Kang Emil meminta masyarakat Desa Cibuntu untuk tetap mempertahankan adat dan budaya lokal yang memiliki kekhasan tersendiri.

"Untuk itu saya titip penampilannya, pakaiannya, pariwisatanya harus asli lokal, kalau mirip-mirip orang nanti banyak pilihan. Tapi Kalau unik, maka orang akan ingat, akan rindu untuk datang kevsini (Desa Cibuntu) lagi. Selamat melaksanakan Sedekah Bumi, jaga tradisi, karena sebaik-baiknya masyarakat adalah masyarakat yang punya identitas," tutupnya.

Kolom Komentar


Video

Wanita Terbakar Dalam Mobil di Sukoharjo, Diduga Korban Pembunuhan

Rabu, 21 Oktober 2020
Video

DENDI RAMADHONA DAN PESAWARAN

Rabu, 21 Oktober 2020
Video

Diduga Melanggar, Bawaslu Panggil Calon Bupati Semarang

Kamis, 22 Oktober 2020

Artikel Lainnya

Hingga Saat Ini, RSD Wisma Atlet Rawat 1.361 Pasien Covid-19
Nusantara

Hingga Saat Ini, RSD Wisma A..

26 Oktober 2020 02:02
Nama Anwar Sadad Menguat Pimpin DPD Gerindra Jawa Timur
Nusantara

Nama Anwar Sadad Menguat Pim..

26 Oktober 2020 01:28
Rektor President University: Saatnya Mengubah Pandemi Sebagai Peluang Mempertajam Kewirausahaan
Nusantara

Rektor President University:..

25 Oktober 2020 22:34
Hari Santri Nasional, NU Care Gelar Swab Test Gratis Untuk Santri Dan Guru Ngaji
Nusantara

Hari Santri Nasional, NU Car..

25 Oktober 2020 17:33
Jelang Libur Panjang, Penumpang Kereta Api Diimbau Rapid Test H-1 Keberangkatan
Nusantara

Jelang Libur Panjang, Penump..

25 Oktober 2020 16:58
Satpol PP DKI Umumkan Denda PSBB Dua Pekan Kemarin Hampir Rp 100 Juta
Nusantara

Satpol PP DKI Umumkan Denda ..

25 Oktober 2020 15:00
Naila Novaranti Raih Rekor MURI Usai Terjun Payung Di Tujuh Benua
Nusantara

Naila Novaranti Raih Rekor M..

25 Oktober 2020 13:53
Antisipasi Lonjakan Kasus Covid-19, PSBB Transisi DKI Diperpanjang Hingga 8 November
Nusantara

Antisipasi Lonjakan Kasus Co..

25 Oktober 2020 12:44