Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Buntut Pindahan Cipinang, Puluhan Warga Binaan Lapas Cirebon Masih Diisolasi

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/diki-trianto-1'>DIKI TRIANTO</a>
LAPORAN: DIKI TRIANTO
  • Kamis, 15 Oktober 2020, 01:57 WIB
Buntut Pindahan Cipinang, Puluhan Warga Binaan Lapas Cirebon Masih Diisolasi
Kepala Pengamanan Lapas Kelas 1 Cirebon, Ali (Kanan)/RMOLJabar
rmol news logo Puluhan warga binaan di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas 1 Cirebon hingga kini masih menjalani isolasi. Hal itu dilakukan sehubungan adanya empat orang warga binaan yang sempat terkonfirmasi positif Covid-19.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Kepala Pengamanan Lapas Kelas 1 Cirebon, Ali mengatakan, warga binaan yang diisolasi berjumlah 48 orang, termasuk 4 orang yang sempat terkonfirmasi positif Covid-19. Mereka merupakan warga binaan pindahan dari Lapas Cipinang.

Ali menerangkan, saat tiba di Lapas Kelas 1 Cirebon pada 3 September 2020, 48 orang warga binaan tersebut langsung diminta untuk menjalani protokol kesehatan yang telah ditetapkan.

"Saat pertama tiba, mereka kami tempatkan di tempat terpisah, di ruangan yang dijadikan sebagai tempat isolasi sebelum kemudian dilakukan rapid test," kata Ali kepada Kantor Berita RMOLJabar, Rabu (14/10).

Ali mengungkapkan, dari hasil rapid test yang dilakukan kepada 48 warga binaan pindahan dari Lapas Cipinang itu, 19 orang di antaranya dinyatakan reaktif.

"Kemudian kami berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan Kota Cirebon untuk melakukan swab test kepada 19 orang tersebut. Hasilnya ada 4 orang yang dinyatakan positif Covid-19. 4 orang itu kemudian kami pisahkan dengan warga binaan lain," ujarnya.

Ali menjelaskan, karena tidak ada gejala atau keluhan apa pun, keempat warga binaan yang dinyatakan positif Covid-19 itu berstatus Orang Tanpa Gejala (OTG).

Setelah satu minggu kemudian, tes swab kembali dilakukan kepada empat orang warga binaan yang sempat positif Covid-19. Hasilnya, keempat warga binaan tersebut kini dinyatakan negatif Covid-19. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA