Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Dinas Pendidikan Tangsel Minta Kepsek Dan Orang Tua Cegah Siswa Ikut Unjuk Rasa

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-kiflan-wakik-1'>AHMAD KIFLAN WAKIK</a>
LAPORAN: AHMAD KIFLAN WAKIK
  • Senin, 12 Oktober 2020, 18:55 WIB
Dinas Pendidikan Tangsel Minta Kepsek Dan Orang Tua Cegah Siswa Ikut Unjuk Rasa
Pelajar diamankan Polres Tangerang Selatan saat akan ikut unjuk rasa/RMOLBanten
rmol news logo Fenomena pelajar yang ikut turun kejalan untuk melakukan aksi demonstrasi, kerap menjadi perdebatan.

Bahkan, untuk mencegah aksi siswa ikut demonstrasi, pihak Kepolisian saling kejar dan bekerja ekstra keras.

Aksi saling kejar dengan petugas Kepolisian juga terkadang menimbulkan bentrok. Turunnya pelajar untuk bergabung dengan mahasiswa dan buruh, guna menolak kebijakan pemerintah diduga karena termakan provokasi melalui pesan berantai.

Untuk itu, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Tangerang Selatan, Taryono melarang keras, bagi siswa SMP maupun SMA agar tidak ikut demonstrasi.

"Jadi saya imbau kepada para peserta didik, pokoknya semua pelajar agar lebih fokus ke tugasnya sebagai seorang pelajar, yaitu belajar," ujar Taryono seperti diberitakan Kantor Berita RMOLBanten, Senin (12/10).

"Ditambah, di era pandemi Covid-19 ini justru itu harusnya tidak kemana-mana, tapi stay di rumah dan fokus belajar. Jadi belajar lah, jangan ikut-ikutan kegiatan demo yang tidak secara langsung berhubungan dengan pembelajaran saat ini," imbuhnya.

Guna mencegah aksi serupa, Taryono sudah berkoordinasi dengan kepala sekolah agar menyampaikan kepada orang tua siswa untuk mengawasi putra-putrinya setiap saat.

"Kami sudah melakukan komunikasi dengan para Kepala Sekolah, mengimbau untuk disampaikan juga ke guru-guru dan orang tua agar lebih mengawasi, menjaga anak-anaknya supaya tidak keluar. Tetapi fokus belajar di rumah. Karena apapun kegiatan di luar yang berpotensi menimbulkan penularan virus corona itu kan di larang enggak boleh," ungkapnya.

Melihat fenomena ini, peran kepala sekolah, wali kelas dan orang tua siswa harus berperan penting. Agar, tugas sebagai pelajar terus dijalankan.

"Jadi Kepsek memantau keseluruhan secara umum, kedua wali kelas memantau siswa binaannya, tiga agar kerjasama dengan para orang tua dalam rangka mengawasi dan memastikan putra putrinya belajar di rumah," jelasnya.

"Karena kami melarang, alasannya kan harus belajar, kedua kan PSBB. Kan itu juga lagi jam belajar, absennya juga tetap berjalan," tambahnya.

Sebelumnya, sebanyak 93 pelajar diamankan Polres Tangsel lantaran akan menuju Istana Negara untuk melakukan demonstrasi. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA