Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Ditemui Irawati Hermawan, Pesan Ridwan Kamil: IKA Unpad Harus Solid Dan Bermanfaat

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/yelas-kaparino-1'>YELAS KAPARINO</a>
LAPORAN: YELAS KAPARINO
  • Sabtu, 10 Oktober 2020, 16:58 WIB
Ditemui Irawati Hermawan, Pesan Ridwan Kamil: IKA Unpad Harus Solid Dan Bermanfaat
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menerima Ketua Umum IKA Unpad Irawati Hermawan/RMOL
rmol news logo Ikatan Alumni (IKA) Universitas Padjdjaran diharapkan solid luar dalam, meninggalkan jejak yang baik, dan bermanfaat bagi masyarakat.

Demikian harapan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil ketika menerima Ketua Umum IKA Unpad Irawati Hermawan, hari Jumat (9/10).

Ridwan Kamil percaya, di bawah kepemimpinan Irawati yang dikenal sebagai salah seorang pengacara bertangan dingin, kiprah IKA Unpad di level lokal dan nasional, serta internasional, akan lebih baik lagi.

“Jangan terlalu banyak yang ingin dilakukan, melainkan fokus pada beberapa program,” ujar Ridwan Kamil.

Dia juga berharap program yang diusung IKA Unpad dikerjakan secara organik dan bisa self sustain.

“IKA Unpad harus lebih responsif dan aktif berpendapat terhadap dinamika dalam masyarakat dan negara. Misalkan setiap bulan mengeluarkan pendapat melalui press conference dan menjalin hubungan baik dengan banyak media, sehingga IKA Unpad dicari pendapatnya bila ada permasalahan atau issue yang berkembang dalam masyarakat,” urai Ridwan Kamil lagi.

IKA Unpad diharapkan Ridwan Kamil ikut berperan mendatangkan investasi di Jawa Barat, terutama dari Republik Rakyat China.

Dia menambahkan, pemerintah sedang mengerjakan kawasan baru yang diberi nama Rebana, Cirebon, Patimban, dan Kertajati. Rebana akan menjadi kawasan metropolitan ketiga di Jawa Barat setelah Bogor Depok Bekasi (Bodebek) dan Bandung Raya.

Di kawasan Rebana ini akan ada pintu gerbang baru bagi Jawa Barat, yakni Pelabuhan Patimban di Kabupaten Subang yang sedang dalam penyelesaian. Selain itu sejumlah proyek infrastruktur juga sedang dalam pengerjaan.

IKA Unpad juga dinilai perlu ikut mengupayakan swasembada dan ketahanan pangan serta memajukan sektor pertanian dengan menggunakan teknologi 4.0 yang dapat melipatgandakan produksi.

Juga perlu bagi IKA Unpad terlibat dalam pengembangan digital innovation.

Untuk itu, IKA Unpad perlu memiliki Center for Excellent.

Hal lain yang diingatkan Ridwan Kamil adalah mengenai kontribusi Unpad di bidang healthcare. IKA Unpad pun harus memberikan perhatian pada bidang ini.

Dua hal yang juga penting adalah pengembangan sustainable economy and environment, selain ikut memajukan pariwisata lokal.

“IKA Unpad bisa membuat musium galeri alumni atau cafe alumni,” demikian Ridwan Kamil. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA