Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Angka Kemiskinan Kalteng Turun Di Tangan Kepemimpinan Sugianto Sabran

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-kiflan-wakik-1'>AHMAD KIFLAN WAKIK</a>
LAPORAN: AHMAD KIFLAN WAKIK
  • Sabtu, 10 Oktober 2020, 05:57 WIB
Angka Kemiskinan Kalteng Turun Di Tangan Kepemimpinan Sugianto Sabran
Gubernur Kalimantan Tengah Sugianto Sabran/Net
rmol news logo Gubernur Kalimantan Tengah Sugianto Sabran tahun 2020 ini genap empat tahun  memimpin daerah tersebut.

Selama empat tahun memimpin, banyak pencapaian dan program yang sudah diselesaikan H Sugianto Sabran sesuai dengan janji politiknya.

Berdasarkan data yang terhimpun, di bidang ekonomi ada penurunan angka kemiskinan. Pada tahun 2015 angka kemiskinan di Kalteng sebesar 5,94 persen, kemudian pada tahun 2016 menjadi 5,66 persen, tahun 2017 ada 5,67 persen, tahun 2018 turun menjadi 5,17 persen, kemudian pada tahun 2019 terjadi penurunan menjadi 4,98 persen.

Sementara itu, di bidang infrastruktur selama kepemimpinan Gubernur Kalteng Sugianto Sabran mampu menyelesaikan pembangunan jalan sepanjang 1.272,08 kilometer.

Kemudian ada 353 unit rumah ibadah dan fasilitas sosial yang terbangun, 3.910 meter jembatan, 10.000 hektare irigasi bangunan dan 9.430,00 meter drainase yang sudah terbangun.

Selain itu, Sugianto Sabran juga berkomitmen dalam bidang pendidikan, yakni dengan memberikan bantuan fungsi pendidikan sebesar Rp 12 miliar untuk 2.406 mahasiswa melalui program biaya bantuan pendidikan Kalteng Berkah.

Tidak hanya itu saja, dia juga merealisasikan kembali anggaran sebesar Rp 12,5 miliar untuk 5.180 mahasiswa yang menempuh pendidikan.

Kini di tahun 2020, politisi PDI Perjuangan ini telah menyalurkan tahap pertama Rp 10,741 miliar bagi 10.741 mahasiswa dan tahap kedua menyalurkan Rp 9, 259 miliar bagi 9.259 mahasiswa.

Dalam perjanalannya dalam memimpin daerah, Sugianto juga telah menerima banyak penghargaan di tingkat nasional. Salah satunya menerima penghargaan Satyalancana Pembangunan yang diberikan langsung oleh Presiden Joko Widodo.

Satyalancana Pembangunan diberikan kepada kepala daerah yang dianggap telah memberikan kemajuan dalam hal pembangunan negara.

Terbaru, Sugianto menerima penghargaan sebagai tokoh pembangunan infrastruktur jalan dan jembatan dalam ajang Indonesia Awards 2020.

Sugianto mengatakan membangun infrastruktur di Provinsi Kalteng memerlukan kerja keras dan kreativitas yang luar biasa. Sebab, anggaran pemerintah provinsi relatif kecil dibandingkan luas wilayah Kalteng yang mencapai 1,2 dari luas Pulau Jawa.

Namun, sebagai pemimpin daerah, berbagai keterbatasan tersebut tidak menjadi halangan untuk terus berupaya mempercepat kemajuan pembangunan di Kalteng.

"Saya memang sejak awal sudah meluruskan niat untuk maksimal memajukan pembangunan sekaligus mensejahterakan masyarakat di Kalteng. Dengan begitu, Kalteng benar-benar menjadi BERKAH (bermartabat, elok, religius, kuat, amanah dan harmonis)," demikian Sugianto Sabran. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA