Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Akumindo Taksir Kerugian Ekonomi Besar Jika Aksi Tolak Omnibus Law Berkepanjangan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-satryo-1'>AHMAD SATRYO</a>
LAPORAN: AHMAD SATRYO
  • Kamis, 08 Oktober 2020, 21:14 WIB
Akumindo Taksir Kerugian Ekonomi Besar Jika Aksi Tolak Omnibus Law Berkepanjangan
Ilustrasi UMKM/Net
rmol news logo Kerugian ekonomi dari aksi demonstrasi tolak omnibus law UU Cipta Kerja akan sangat dirasakan pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) jika berlangsung panjang.

Begitulah yang diungkapkan Ketua Asosiasi UMKM Indonesia (Akumindo), M. Ikhsan Ingratubun, dalam siaran radio RRI, Kamis (8/10).

"Apakah demo ini berlanjut terus? Kita belum tau. Tapi uang yang beredar di hari itu (dalam satu wilayah), ya itulah dampak kerugiannya," ujar Ikhsan.  

Sebagai contoh, Ikhsan mengaku telah berkoordinasi dengan anggota UMKMnya dibeberapa daerah yang terdampak aksi demonstrasi di Daerah Istimewa (D.I) Yogyakarta dan Makassar.

"Di Yogya otomatis terdampak. Termasuk di Makassar berdampak ke UMKM tidak bisa berjualan. Itulah resiko politik apabila ada UU yang dianggap kontroversial oleh beberapa kalangan, mengakibatkan meluas ke daerah-daerah lain," katanya.

Oleh karena itu, Ikhsan mengkhawtirkan kondisi ekonomi UMKM dan juga nasional jika aksi demontarasi berlanjut. Karena, kontribusi ekonomi nasional didominasi oleh konsumsi masyrakat dan juga produksi UMKM.

"Yang kita tidak inginkan demonya berlarut-larut. Ditambah pandemi (Covid-19). Padahal UMKM membutuhkan iklim yang kondusif, mereka berbasis harian. Kalau kondisinya begini terus, demo terus, ya dampaknya akan besar," demikian M. Ikhsan Ingratubun. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA