Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Imbas Unjuk Rasa Buruh Dan Mahasiswa, Sejumlah Rute Bus Transjakarta Dialihkan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-alfian-1'>AHMAD ALFIAN</a>
LAPORAN: AHMAD ALFIAN
  • Kamis, 08 Oktober 2020, 13:38 WIB
Imbas Unjuk Rasa Buruh Dan Mahasiswa, Sejumlah Rute Bus Transjakarta Dialihkan
Aksi buruh/Net
rmol news logo Aksi unjuk rasa yang dilakukan mahasiswa dan buruh di Jakarta pada hari ini, Kamis (8/10) mengakibatkan beberapa layanan operasional Transjakarta harus mengalami modifikasi.

Kepala Divisi Sekretaris Korporasi dan Humas PT Transportasi Jakarta, Nadia Diposanjoyo menjelaskan modifikasi tersebut berupa pengalihan dan perpendekan rute. 

"Adapun layanan Transjakarta yang dilakukan modifikasi adalah Koridor 9 Pluit – Pinang Ranti yang dialihkan melalui Tol JCC Exit Slipi Kemanggisan," ujar Nadia dalam keterangan yang diterima redaksi, Kamis (8/10). 

Pelayanan di Halte JCC dan Halte Slipi Petamburan ditiadakan sementara. Pelanggan yang biasa menggunakan kedua halte tersebut diarahkan untuk menuju ke Halte Semanggi terlebih dahulu. 

Selanjutnya Koridor 1 Blok M – Kota mengalami pengalihan rute terkait adanya penutupan jalur di Kawasan Monas dengan beroperasi via Cideng.

"Untuk Halte yang tidak melayani saat ini adalah halte Bank Indonesia dan Halte Monas," sambung Nadia. 

Selanjutnya koridor 2 jurusan Pulogadung – Harmoni turut mengalami pengalihan via jalan veteran Budi utomo masuk Koridor 5 Ancol – Kampung Melayu – Halte Senen – lanjut Pulogadung. Sementara arah sebaliknya normal. 

Kemudian Rute 6A Ragunan - Monas via Kuningan dan rute 6B Ragunan - Monas via Semanggi mengalami perpendekan rute menjadi Ragunan - Bank Indonesia terkait adanya penutupan jalan di kawasan Monas.

Bentuk pengalihan untuk arah Monas, yakni pelayanan normal sampai halte BI - putar balik di Patung Kuda - pelayanan normal kembali sampai Ragunan.

Banyaknya masa di sekitar RS Sumber Waras terpaksa membuat layanan Koridor 3 Kalideres – Pasar Baru dialihkan menggunakan jalur Tomang dan arah Kalideres normal. Hal serupa juga terjadi di Koridor 8 jurusan Lebak Bulus – Harmoni. 

Untul rute 7A arah Kp Rambutan - Lebak Bulus dialihkan via Tol Ampera. Banyaknya massa di kawasan RS Siloam membua bus tidak melewati pemberhentian Jaha sampai dengan pemberhentian Lorena.

Terakhir rute 1A arah PIK – Balaikota mengalami perpendekan layanan karena adanya penutupan di kawasan Monas maka rute 1A  rute menjadi PIK – Harmoni. Titik pemberhentian yang tidak melayani Monas, Balaikota, dan Perpustakaan Nasional.

Nadia menegaskan rute akan beroperasi normal kembali jika kondisi sudah memungkinkan untuk dilalui armada bus. 

"Transjakarta memohon maaf yang sebesar-besarnya atas ketidaknyamanan ini," jelas Nadia. 

"Transjakarta tetap mengimbau untuk tetap menerapkan 3M, yakni memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak. Serta selalu di rumah saja apabila tidak ada keperluan mendesak," tutupnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA