Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Antisipasi Banjir, Ini Strategi MRT Jakarta

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-alfian-1'>AHMAD ALFIAN</a>
LAPORAN: AHMAD ALFIAN
  • Senin, 05 Oktober 2020, 16:25 WIB
Antisipasi Banjir, Ini Strategi MRT Jakarta
PT MRT Jakarta (Perseroda)/Net
rmol news logo Jelang musim penghujan, PT MRT Jakarta (Perseroda) melakukan berbagai persiapan untuk mengantisipasi potensi banjir dan genangan.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Direktur Utama PT MRT Jakarta (Perseroda), William Sabandar mengatakan, kesiapan dan antisipasi sudah sejak Januari lalu terutama untuk mengantisipasi genangan di stasiun bawah tanah.

"Kami pastikan antisipasi musim hujan kali ini lebih baik dari sebelumnya. Kami optimalkan semuanya," ujar William dalam keterangannya, Senin (5/10).

Upaya yang telah dilakukan di antaranya, membuat pagar pembatas di pintu masuk stasiun.

"Awalnya ini hanya ada di Stasiun Bundaran HI dan Dukuh Atas. Tapi kini sudah ada di seluruh stasiun bawah tanah dan kami pastikan juga sudah ada di semua stasiun," katanya.

Kemudian untuk mencegah genangan di sekitar Stasiun Istora Mandiri, sambung William, pihaknya membuat tembok pembatas setinggi 50 sentimeter antara jalan dengan trotoar. Sebab, di kawasan tersebut posisi permukaan Jl Jendral Sudirman lebih tinggi daripada stasiun.

"Lalu kita juga buat sodetan besar sebagai penahan air, dimulai dari Polda Metro Jaya sehingga air dari sana dialihkan dari Stasiun Istora Mandiri. Lalu di Stasiun Setiabudi Astra kami angkat dan perbaiki drainasenya sehingga dapat berfungsi dengan baik," jelasnya.

Ditambahkan William, drainase di sepanjang jalur MRT Jakarta mulai dari Lebak Bulus hingga Bundaran HI juga selalu dilakukan pemeliharaan dan dikuras. Ini dilakukan agar mampu menampung debit air lebih banyak lagi terutama saat hujan deras.

"Kami juga membangun ramp di Stasiun Dukuh Atas, khususnya di jalur pejalan kaki mengarah ke pintu masuk stasiun. Semua persiapan tersebut diharapkan mampu mencegah timbulnya genangan terutama di stasiun bawah tanah," tandasnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA