Generasi Muda Kediri Masih Teruskan Tradisi Tenun Ikat, Gubernur Khofifah: Ini Keren Sekali

Khofifah saat mengunjungi Kampung Wisata Tenun Ikat di Kota Kediri/Istimewa

Seusai melakukan Gowes, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa meninjau Kampung Wisata Tenun Ikat di Bandar Kidul, Kota Kediri, Sabtu (3/10). Di mana, tenun ikat sendiri merupakan salah satu kekayaan budaya lokal yang harus terus dilestarikan.

Dalam kunjungan tersebut, Gubernur Jatim yang lekat disapa Kofifah ini juga sekaligus berdialog dengan pengrajin Tenun Ikat dan netizen Kediri Instafest.

Mantan Mensos RI ini mengatakan, tradisi menenun di Bandar Kidul, Kota Kediri ini sudah dilakukan secara turun-temurun. Menenun sudah menjadi bagian dari tradisi yang diwariskan dari budaya seluruh warga yang ada di sini, sehingga regenerasinya bisa berjalan dengan baik.

Lebih lanjut disampaikannya, pemilik tenun ikat ini mengajak anak muda untuk mencintai tradisi menenun. Dengan demikian, anak muda akan menjadi bagian yang bisa melestarikan tradisi tenun. Proses hulu hilirnya berjalan dengan baik seperti pemintalan benang, mengikat.

Menurut Khofifah, keberseiringan antara gerakan ekonomi UMKM melalui tenun di sini dengan protokol kesehatan menjadi contoh yang bagus.

“Ini merupakan sesuatu yang menjadi referensi para milenial lestarikan budaya menenun, karena mereka yang menenun anak-anak muda. Ini sebuah ketelatenan yang harus dibangun oleh para penenun. Dan anak-anak muda di sini regenerasinya berjalan dengan baik. Harapannya, ekonominya gerak, protokol kesehatan terjaga,” kata orang nomor satu di Jatim ini.

Selain itu, Gubernur perempuan pertama di Jatim ini juga mengapresiasi Walikota Kediri Abdullah Abu Bakar yang mendorong masyarakat terutama ASN Kota Kediri menggunakan masker tenun.

“Ini keren sekali. Tenun Ikat Kota Kediri akan menjadi icon baru bagi seragam di berbagai perkantoran dan sekolah sehingga tumbuh kembang tradisi tenun akan ketemu desain yang terus terupdate,” jelasnya, dikutip Kantor Berita RMOLJatim.

Pada kesempatan yang sama, Gubernur Khofifah juga menjelaskan, Pemprov Jatim memiliki Millenial Job Center (MJC). MJC itu menyiapkan para millenial yang punya talent. Misalkan designer web, fografer , kameramen dan sebagainya.

“Pemprov Jatim juga  punya program  MJC (Millenial Job Center). Kita punya beberapa format desain program berbasis Bakorwil. MJC kita tempatkan  di Bakorwil seperti di Madiun, Malang, Pamekasan, Jember, dan Bojonegoro,” jelasnya.

Dikatakan, untuk menunjang MJC ini, telah disiapkan command center dan co working space yang baik. Tujuannya agar para millenial bisa berinteraksi dan tanpa dikenakan biaya.

Turut hadir meninjau Kampung Wisata Tenun Ikat di antaranya Walikota Kediri Abdullah Abu Bakar beserta Ketua Dekranasda Kota Kediri, Kepala Perwakilan BI Jatim Difi A. Johansyah, Kepala Kanreg OJK Jatim Bambang Mukti Riyadi, Dirut Bank Jatim Busrul Iman, Sekdaprov Jatim Heru Tjahjono, serta beberapa Kepala OPD di lingkungan Pemprov Jatim.
EDITOR: AGUS DWI

Kolom Komentar


Video

Ular Piton 3,5 Meter Ditangkap Usai Mangsa Ternak Warga Boyolali

Selasa, 01 Desember 2020
Video

Sari Rogo Dan Kerikil Agrowisata Unila

Selasa, 01 Desember 2020
Video

Anies Baswedan Positif Covid-19

Selasa, 01 Desember 2020

Artikel Lainnya

Habib Umar Al Hamid Minta Pemerintah Cermati Seruan Dialog Habib Rizieq
Nusantara

Habib Umar Al Hamid Minta Pe..

04 Desember 2020 19:10
Kembangankan Ekonomi Depok, Pradi-Afifah Akan Beri Modal Dan Pelatihan Untuk UMKM
Nusantara

Kembangankan Ekonomi Depok, ..

04 Desember 2020 18:13
Walikota Bandarlampung Bubarkan Rapid Test Bagi KPPS, Ini Alasannya
Nusantara

Walikota Bandarlampung Bubar..

04 Desember 2020 17:44
Dibuka Presiden Jokowi, Kongres GMKI Di Papua Barat Pilih Jefri Gultom Sebagai Ketua Umum
Nusantara

Dibuka Presiden Jokowi, Kong..

04 Desember 2020 16:38
Jalur Medan-Brastagi Bisa Kembali Dilalui, Sementara Hanya Untuk Roda Dua
Nusantara

Jalur Medan-Brastagi Bisa Ke..

04 Desember 2020 16:03
Implementasi Otsus Papua Perlu Dievaluasi, Tapi Jangan Sampai Melebar Ke Isu Refrendum
Nusantara

Implementasi Otsus Papua Per..

04 Desember 2020 15:34
Bukan Soal Aturan, Kenaikan Gaji Anggota DPRD DKI Di Tengah Pandemi Sangat Tidak Etis
Nusantara

Bukan Soal Aturan, Kenaikan ..

04 Desember 2020 14:38
Zona Merah Meningkat, Pemerintah Harus Benar-benar Terapkan Protokol Kesehatan
Nusantara

Zona Merah Meningkat, Pemeri..

04 Desember 2020 14:21