Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Bantu Industri Media Yang Terdampak Covid-19, Satgas Buat Fellowship Jurnalisme Perubahan Perilaku

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-satryo-1'>AHMAD SATRYO</a>
LAPORAN: AHMAD SATRYO
  • Sabtu, 03 Oktober 2020, 09:53 WIB
Bantu Industri Media Yang Terdampak Covid-19, Satgas Buat Fellowship Jurnalisme Perubahan Perilaku
Fellowship Jurnalisme Perubahan Perilaku/Net
rmol news logo Pandemi Covid-19 yang turut memberikan dampak ke banyak sektor ekonomi, industri, dan juga lapangan pekerjaan coba diatasi pemerintah Indonesia melalui berbagai skema bantuan.

Melalui Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Pandemi Covid-19, kali ini pemerintah mengeluarkan satu program baru untuk membantu industri media yang terdampak Covid-19.

Berdasarkan dokumen program yang diterima Kantor Berita Politik RMOL, Satgas menamakan program untuk industri media ini sebagai Fellowship Jurnalisme Perubahan Perilaku.
 
Program yang digagas Dewan Pers bersama Satgas ini bakal merekrut wartawan di suatu media untuk melakukan tugas liputan khusus corona.

Secara tidak langsung, wartawan yang mengikuti program ini menjadi agen perubahan perilaku masyarakat untuk taat protokol kesehatan Covid-19.

Karenanya, jurnalisme perubahan perilaku ini terbuka bagi reporter, fotografer, dan editor di seluruh Indonesia yang berminat untuk berkontribusi dalam mengakhiri pandemi Covid-19.

Namun, program ini utamanya diperuntukan bagi jurnalis yang sedang mengalami kesulitan karena perusahaan medianya terdampak secara ekonomi karena pandemi Covid-19.

Oleh karenanya, selain memberikan solusi jangka pendek masalah industri pers di Indonesia, kerjasama Satgas dengan Dewan Pers ini ingin menjadikan jurnalis sebagai garda terdepan perubahan perilaku masyarakat untuk mencegah penularan Covid-19.

Adapun untuk syarat dan ketentuan pendaftaran yang harus dipenuhi para jurnalis diantaranya, mengisi data lengkap di www.ubahlaku.id, memiliki sertifikat kompetensi wartawan minimal tingkat muda, mendapatkan rekomendasi dari perusahaan media yang sudah terverifikasi di Dewan Pers, dan mendapatkan rekomendasi dari Asosiasi Jurnalis atau perusahaan pers konstituen Dewan Pers. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA