IPNU Luncurkan Gerakan Teras Pelajar Untuk Atasi Dampak Covid-19 Pada Pendidikan

Peluncuran Teras Pelajar PP IPNU/Net

Pimpinan Pusat Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (PP IPNU) meluncurkan gerakan Teras Pelajar di Kantor PP IPNU, Gedung Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), Jalan Kramat Raya 164, Jakarta, pada Kamis (1/10).

Koordinator Nasional Teras Pelajar Syarif Hidayat mengatakan bahwa gerakan ini diluncurkan guna mengatasi problematika pelajar yang kesulitan untuk mengakses pembelajaran di masa pandemik ini.

Ada empat fokus gerakan yang dilakukan, yakni pengembangan literasi, pengembangan numerasi, pengembangan sains, dan penanaman karakter.

“Kita akan menjadi wadah gerakan kader-kader bahwasanya IPNU maupun IPNU sudah banyak bergerak mengatasi pendidikan kita. PP IPNU membuat gerakan Teras Pelajar untuk menaungi kegiatan-kegiatan rekan-rekanita di bawah,” ujar Syarif dalam keterangannya.

Dalam waktu dekat, kata Syarif, Teras Pelajar akan merekrut relawan dari seluruh daerah di Indonesia. Sebelum terjun langsung, mereka akan mendapatkan peningkatan kapasitas, kompetensi, dan keterampilan melalui pertemuan daring dan luring dengan protokol kesehatan.

Sementara itu, Ketua Umum PP IPNU Aswandi Jailani menyampaikan bahwa IPNU di berbagai daerah telah melakukan gerakan masif untuk membantu mengatasi problematika pendidikan dan kepelajaran di tengah masa pandemi yang sudah berlangsung selama tujuh bulan ini.

Aswandi mencontohkan IPNU Jawa Timur yang membuat Educare dan IPNU Jawa Tengah yang membuat Konco Sinau. Menurutnya, hal tersebut merupakan bentuk kepedulian IPNU terhadap pendidikan dan masa depan anak bangsa.

Sebab, dunia pendidikan terdampak besar oleh pandemi Covid-19 saat ini. Dikhawatirkan, hal tersebut memberikan pengaruh negatif terhadap kualitas pendidikan dan pembelajaran, serta kualitas diri para pelajar ke depannya.

Teras Pelajar inilah, kata Aswandi, menjadi solusi konkret bagi pendidikan saat ini. Dengan jutaan anggota dan kader dan ribuan pimpinan di bawahnya, Aswandi yakin hal ini dapat melahirkan dampak positif bagi pendidikan Indonesia.

“Di hari Kesaktian Pancasila, kami berharap outputnya nanti bisa terciptanya Pelajar Pancasila di seluruh Indonesia,” katanya.

Kegiatan ini dihadiri oleh kader-kader IPNU di berbagai tingkatan pimpinan, mulai wilayah hingga ranting dan komisariat di institusi pendidikan.

Hadir pula Sekretaris Jendral PBNU Ahmad Helmi Faisal Zaini, Ketua Komisi X DPR RI,  Direktur Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Dasar dan Menengah Kemendikbud Jumeri, Direktur Jenderal Pendidikan Islam Kementrian Agama RI Muhammad Ali Ramdhani, Direktur Pendidikan dan Keagamaan kementerian PPN RI Amich Alhumami, dan Kepala Pusat Layanan Pembiayaan Pendidikan Kemendikbud RI Abdul Kahar.

Kolom Komentar


Video

Ular Piton 3,5 Meter Ditangkap Usai Mangsa Ternak Warga Boyolali

Selasa, 01 Desember 2020
Video

Sari Rogo Dan Kerikil Agrowisata Unila

Selasa, 01 Desember 2020
Video

Anies Baswedan Positif Covid-19

Selasa, 01 Desember 2020

Artikel Lainnya

Habib Umar Al Hamid Minta Pemerintah Cermati Seruan Dialog Habib Rizieq
Nusantara

Habib Umar Al Hamid Minta Pe..

04 Desember 2020 19:10
Kembangankan Ekonomi Depok, Pradi-Afifah Akan Beri Modal Dan Pelatihan Untuk UMKM
Nusantara

Kembangankan Ekonomi Depok, ..

04 Desember 2020 18:13
Walikota Bandarlampung Bubarkan Rapid Test Bagi KPPS, Ini Alasannya
Nusantara

Walikota Bandarlampung Bubar..

04 Desember 2020 17:44
Dibuka Presiden Jokowi, Kongres GMKI Di Papua Barat Pilih Jefri Gultom Sebagai Ketua Umum
Nusantara

Dibuka Presiden Jokowi, Kong..

04 Desember 2020 16:38
Jalur Medan-Brastagi Bisa Kembali Dilalui, Sementara Hanya Untuk Roda Dua
Nusantara

Jalur Medan-Brastagi Bisa Ke..

04 Desember 2020 16:03
Implementasi Otsus Papua Perlu Dievaluasi, Tapi Jangan Sampai Melebar Ke Isu Refrendum
Nusantara

Implementasi Otsus Papua Per..

04 Desember 2020 15:34
Bukan Soal Aturan, Kenaikan Gaji Anggota DPRD DKI Di Tengah Pandemi Sangat Tidak Etis
Nusantara

Bukan Soal Aturan, Kenaikan ..

04 Desember 2020 14:38
Zona Merah Meningkat, Pemerintah Harus Benar-benar Terapkan Protokol Kesehatan
Nusantara

Zona Merah Meningkat, Pemeri..

04 Desember 2020 14:21