Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Khusus Warga DKI, Anies Bagi-bagi Bibit Tanaman Gratis, Ini Syaratnya

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-alfian-1'>AHMAD ALFIAN</a>
LAPORAN: AHMAD ALFIAN
  • Selasa, 29 September 2020, 12:41 WIB
Khusus Warga DKI, Anies Bagi-bagi Bibit Tanaman Gratis, Ini Syaratnya
Ilustrasi/Net
rmol news logo Kegiatan bercocok tanam di pekarangan rumah bisa menjadi alternatif kegiatan mengisi waktu luang selama masa pandemi virus corona baru alias Covid-19 saat ini.

Karena itulah, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan melalui akun instagram miliknya menyebut Pemprov DKI akan memberikan dukungan kepada warganya yang ingin bercocok tanam dengan menyediakan bibit secara gratis.

"Punya hobi bercocok tanam selama selama #dirumahaja? Warga Jakarta bisa mendapatkan bibit gratis dari @dkpkp.jakarta," ujar Anies yang dikutip Redaksi, Selasa (29/9).

Masyarakat dapat mengajukan permohonan bibit secara online melalui http://openstreetmap.id/dkpkp. Kemudian bibit akan dikirim melalui jasa pengiriman dengan biaya pengiriman ditanggung pemohon.

Anies menambahkan, penyediaan benih dan bibit tanaman serta pengendalian hama penyakit tanaman disiapkan Pusat Pengembangan Benih dan Proteksi Tanaman yang merupakan merupakan UPT Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan, Pertanian (KPKP).

Kebutuhan benih, disediakan melalui 14 kebun bibit yang tersebar di 5 wilayah kota. Adapun Kebun Bibit Ragunan menjadi lokasi yang menyediakan bibit tanaman buah-buahan.

Di kebun ini terdapat pohon induk buah-buahan seperti durian, mangga, belimbing, alpukat, jambu biji, rambutan dan lain-lain dengan total 326 pohon yang merupakan sumber perbanyakan bibit buah-buahan.

"Setiap tahun rata-rata dapat diproduksi 7.000 bibit," jelas Anies.

Kebun Bibit Ragunan sendiri memiliki luas 23.235 meter persegi dan dikelola oleh 7 orang PJLP yang bertugas melakukan perbanyakan bibit, merawat pohon induk, memelihara bibit tanaman, dan menjaga kebersihan kebun.

Masyarakat yang mengajukan permohonan bibit dapat datang langsung ke kantor dengan membawa salinan KTP dan KK atau menunjukkan surat persetujuan permohonan bibit dari Kepala Dinas KPKP.

"Satu KTP warga DKI Jakarta bisa mendapatkan dua bibit tanaman dengan cara langsung mendatangi lokasi kebun," sambung orang nomor satu di Jakarta itu.

Apabila membutuhkan bibit lebih dari 2 hingga 10 pohon, masyarakat harus mengajukan permohonan kepada Kepala UPT. Tetapi apabila lebih dari 10 pohon, masyarakat wajib mengajukan permohonan kepada Kepala Dinas KPKP.

Selain melayani permohonan bibit tanaman, Kebun Bibit Ragunan juga menjadi pusat pelatihan perbenihan.

"Masyarakat baik dari kalangan pelajar, mahasiswa maupun masyarakat umum bisa belajar tentang perbanyakan bibit tanaman," pungkasnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA