Children in the DPR Korea
Under the Leadership of Great Commanders
Dimensy Mobile
Farah.ID
Dimensy
Farah.ID

Gubernur Kaltim: Anugerah Proper Makna Besar Tentang Kepedulian Lingkungan

LAPORAN: RENI ERINA
  • Selasa, 29 September 2020, 09:18 WIB
Gubernur Kaltim: Anugerah Proper Makna Besar Tentang Kepedulian Lingkungan
Gubernur Kaltim Dr H Isran Noor/Net
RMOL Pemerintah Provinsi Kalimantan Timut memberikan penganugerahan Program Penilaian Peringkat Kinerja Perusahaan (Proper) dan Adiwiyata kepada delapan Kabupaten/Kota. 

Penyerahan Sertifikat Emas Proper 2019-2020 dan Sertifikat Adiwiyata ini diserahkan oleh Gubernur Isran Noor secara langsung dan disaksikan secara virtual, pada Senin (28/9) dalam peringatan Hari Lingkungan Hidup se-Dunia 2020.

Menurut Gubernur Isran Noor,  penghargaan pemerintah ini tidak hanya sekadar memenuhi kegiatan rutin dalam penilaian terhadap perusahaan dalam pengelolaan lingkungan hidup.

"Ini adalah sebuah makna yang sangat besar. Bagaimana kita peduli dan memelihara lingkungan. Tidak hanya keuntungan perusahaan, tapi masyarakat dan makhluk hidup lainnya," tegas Isran Noor, seperti dikutip dari laman resmi Pemprov Kaltim, Selasa (29/9).

Menurut Isran, pengelolaan lingkungan yang baik akan menyelamatkan  sumber daya hayati, sumber daya alam, serta sumber daya lingkungan. Isran melihat Kaltim sebagai provinsi yang sangat kaya akan sumber hayati dan sumber alamnya.

"Kaltim ini luar biasa. Sebab memiliki ribuan plasma nutfah serta ratusan satwa langka. Komitmen perusahaan mengelola lingkungan secara baik, pasti akan menyelamatkan sumber daya hayati, alam, dan lingkungan bagi kesejahteraan masyarakat," katanya.

Pada tahun ini, tercatat tiga perusahaan di bidang pertambangan batu bara memperoleh Proper Hitam dan 12 perusahaan dari berbagai bidang usaha telah menerima Proper Emas.

Dari 252 perusahaan yang tercatat menjadi peserta proper pada tahun ini, sebanyak 232 diberikan peringkat. Mereka terdiri dari perusahaan pertambangan batu bara, industri, jasa, migas dan manufaktur.

Yang mendapat peringkat Emas sebanyak 12 perusahaan, peringkat Hijau 85 perusahaan, peringkat Biru 113 perusahaan, Merah 19 perusahaan dan Hitam 3 perusahaan.

Tercatat pula ada 56 sekolah yang mendapatkan Adiwiyata, yaitu dari Balikpapan, Samarinda, Kutai Kartanegara, Bontang, Kutai Timur, Paser, Berau dan Penajam Paser Utara.

Penyerahan anugerah Proper juga dihadiri Asisten Perekonomian dan Administrasi Pembangunan Abu Helmi, Karo Perekonomian Nazrin serta pimpinan OPD lingkup Pemprov Kaltim.
EDITOR:

ARTIKEL LAINNYA