Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Wisma Atlet Pindahkan 34 Fasilitas Ruang ICU Ke RS Universitas Indonesia

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-satryo-1'>AHMAD SATRYO</a>
LAPORAN: AHMAD SATRYO
  • Sabtu, 26 September 2020, 18:57 WIB
Wisma Atlet Pindahkan 34 Fasilitas Ruang ICU Ke RS Universitas Indonesia
Koordinator RSD Wisma Atlet, Mayjen TNI Tugas Ratmono saat beri keterangan pers/RMOL
rmol news logo Fasilitas ruang ICU yang ada di Rumah Sakit Darurat (RSD) Wisma Atlet, Kemayoran, dipindahkan ke Rumah Sakit Universitas Indonesia untuk penanganan pandemi Covid-19 di Kota Depok, Jawa Barat.

Koordinator RSD Wisma Atlet Mayjen TNI Tugas Ratmono menjelaskan, pihaknya telah mendapat perintah dari pemerintah pusat untuk memberikan 34 fasilitas ruang ICU dari total 39.

"Kami di sini saat ini mempunyai 39 Bed ICU, tentunya 1 set terdiri dari ventilator, bed, bed set monitor, yang sesuai dengan arahan pimpinan dalam hal ini Bapak Menteri Kesehatan, sebagian dipindahkan ke RS Pendidikan di UI Depok," ujar Tugas Ratmono dalam jumpa pers di Wisma Atlet, Kemayoran, Jakarta Pusat, Sabtu (26/9)  

Kebijakan pemindahan fasilitas ICU tersebut, lanjut Tugas Ratmono, sudah melalui pertimbangan yang matang, mengingat kondisi pandemi di Kota Depok saat ini masuk ke zona merah, atau wilayah dengan potensi penularan Covid-19 yang cukup tinggi.

"Oleh karena itu, rumah sakit yang ditunjuk adalah Rumah Sakit UI di Depok, di mana kita ketahui di daerah itu juga masuk dalam kategori zona yang tinggi untuk kasus, baik itu dalam jumlah keseluruhan maupun jumlah kemungkinan kegawatan atau kasus yang berat yang perlu penanganan ICU," jelasnya.

"Hal ini tentunya berbagai pertimbangan untuk memberikan penanganan yang baik dan terintegrasi dalam rangka penanganan atau percepatan penanganan Covid-19, " demikian Tugas Ratmono. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA