Hari Ini, Airlangga Kampanye "Indonesia Care" Dan Protokol Kesehatan Pariwisata Di Bintan

Menko Perekonomian selaku Ketua Komite PC-PEN, Airlangga Hartarto/Net

Melalui kampanye "Indonesia Care" dan Protokol Kesehatan Pariwisata oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif bersama Kementerian Kesehatan, pemerintah mengusung beberapa kegiatan guna menggerakkan perekonomian dan pariwisata khususnya di Bintan, Kepulauan Riau, Sabtu (26/9).

Berdasarkan keterangan resmi Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, beberapa kegiatan lainnya yang juga akan dilakukan adalah peninjauan Ekspor Produk Pertanian (Kelapa) ke Jerman oleh Kementerian Pertanian; Peresmian Program Batam Bintan Karimun (BBK) Murah oleh Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Indonesia; dan Peninjauan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Galang Batang.

Menko Perekonomian selaku Ketua Komite PC-PEN, Airlangga Hartarto mengatakan, pemulihan ekonomi di semua sektor menjadi fokus utama pemerintah dengan mengedepankan prioritas aspek kesehatan. Meskipun memukul dunia usaha secara luas, pandemi Covid-19 justru menjadi momentum bagi pemerintah, untuk merumuskan kembali transformasi ekonomi, salah satunya di bidang pariwisata.

"Pariwisata menjadi salah satu sektor yang harus segera didorong untuk pemulihan. Selain banyak ekonomi daerah yang menggantungkan pada sektor ini, juga paling mudah dan terbuka untuk menyerap tenaga kerja. Bahkan jumlah tenaga kerja di bidang pariwisata terus naik sejak tahun 2010," katanya.

Airlangga Hartarto menambahkan, untuk mendorong pemulihannya, pemerintah mendorong beberapa strategi dan sejumlah program. Salah satunya, optimalisasi belanja pemerintah di sektor pariwisata dengan membuat event seperti pada Rakorpim hari ini, yang dilakukan untuk mendorong mulainya kegiatan wisata dan MICE di lokasi/ destinasi wisata seperti di Bintan.

"Jika dilihat secara sektoral, sektor transportasi dan akomodasi, makanan, minuman di Indonesia mengalami kontraksi yang paling dalam, masing-masing sebesar -30,84 persen dan -22,02 persen. Keduanya mewakili sektor kepariwisataan, yang paling terpukul karena adanya pembatasan perjalanan dan menurunnya permintaan akibat penyebaran virus Covid-19 di seluruh dunia," terangnya.

Demikian pula secara regional, beberapa daerah seperti Bali dan Kepulauan Riau yang sangat mengandalkan sektor pariwisata, telah mengalami kontraksi selama dua kuartal berturut-turut. Bali kontraksi sebesar -1,14 persen dan -10,98 persen, sedangkan Kepulauan Riau tumbuh 2,06 persen pada kuartal I-2020, namun mengalami kontraksi -6,66 persen (pada kuartal II-2020).

Selanjutnya, selain untuk mendorong kegiatan pariwisata, pelaksanaan Rakorpim kali ini juga dimaksudkan untuk memberikan contoh yang baik mengenai penyelenggaraan acara Meeting, Incentive, Convention, Exhibition (MICE) yang menerapkan kepatuhan yang tinggi terhadap protokol kesehatan.

"Dalam Rakorpim ini, kami kembali melakukan monitoring dan evaluasi atas capaian dan realisasi Program PC-PEN sebagaimana setiap satu pekan sekali (setiap Jumat sore) dilaksanakan Rapat Pleno oleh Komite," demikian Airlangga Hartarto.

Kolom Komentar


Video

Wanita Terbakar Dalam Mobil di Sukoharjo, Diduga Korban Pembunuhan

Rabu, 21 Oktober 2020
Video

DENDI RAMADHONA DAN PESAWARAN

Rabu, 21 Oktober 2020
Video

Diduga Melanggar, Bawaslu Panggil Calon Bupati Semarang

Kamis, 22 Oktober 2020

Artikel Lainnya

Hingga Saat Ini, RSD Wisma Atlet Rawat 1.361 Pasien Covid-19
Nusantara

Hingga Saat Ini, RSD Wisma A..

26 Oktober 2020 02:02
Nama Anwar Sadad Menguat Pimpin DPD Gerindra Jawa Timur
Nusantara

Nama Anwar Sadad Menguat Pim..

26 Oktober 2020 01:28
Rektor President University: Saatnya Mengubah Pandemi Sebagai Peluang Mempertajam Kewirausahaan
Nusantara

Rektor President University:..

25 Oktober 2020 22:34
Hari Santri Nasional, NU Care Gelar Swab Test Gratis Untuk Santri Dan Guru Ngaji
Nusantara

Hari Santri Nasional, NU Car..

25 Oktober 2020 17:33
Jelang Libur Panjang, Penumpang Kereta Api Diimbau Rapid Test H-1 Keberangkatan
Nusantara

Jelang Libur Panjang, Penump..

25 Oktober 2020 16:58
Satpol PP DKI Umumkan Denda PSBB Dua Pekan Kemarin Hampir Rp 100 Juta
Nusantara

Satpol PP DKI Umumkan Denda ..

25 Oktober 2020 15:00
Naila Novaranti Raih Rekor MURI Usai Terjun Payung Di Tujuh Benua
Nusantara

Naila Novaranti Raih Rekor M..

25 Oktober 2020 13:53
Antisipasi Lonjakan Kasus Covid-19, PSBB Transisi DKI Diperpanjang Hingga 8 November
Nusantara

Antisipasi Lonjakan Kasus Co..

25 Oktober 2020 12:44