Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Dinas PUPR Kalsel Bangun Akses Jalan Menuju Makam Datu Kelampayan Target Selesai 2024

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Sabtu, 26 September 2020, 07:31 WIB
Dinas PUPR Kalsel Bangun Akses Jalan Menuju Makam Datu Kelampayan Target Selesai 2024
Proyek pembangunan Akses jalan menuju Makam Syekh Muhammad Arsyad Al Banjari, Kabupaten Banjar/Net
rmol news logo Warga Kalimantan Selatan yang ingin berziarah ke makam Syekh Muhammad Arsyad Al Banjari ke depannya akan mendapat kemudahan jalur lalu lintas yang lebih nyaman. Pemerintah Provinsi Kalsel, melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kalsel saat ini tengah menggarap akses jalan menuju makam tersebut.

Pengerjaan tahap awal telah berlangsung sejak 2019 lalu. Saat ini pengerjaan masih terus dilanjutkan dengan target selesai pada 2024 mendatang.

“Dinas PUPR Kalsel telah mengucurkan anggaran Rp35 Miliar. Tahap awal tahun 2019 pembagunan akses jalan dikucurkan dana sebesar Rp20 miliar sedangkan tahun 2020 sebesar Rp15 milar,” terang Kepala Dinas PUPR Kalsel, Roy Rizali Anwar melalui Kabid Bidang Bina Marga Kalsel M. Yasin Toyib, Banjarbaru, seperti dikutip darilaman resmi Pemprov Kalsel, Jumat (25/9).

Menurut Yasin, total panjang jalan akses menuju makan ini kurang lebih 6 kilometer dan lebar jalan 20 meter dengan melintasi enam desa dari dua kecamatan di Kabupaten Banjar yaitu, Desa Sungai Kitano, Akar Baru, Akar Bagantung, Munggu Raya, Dalam Pagar Ulu dan Kelampayan Tengah di Kecamatan Astambul dan Martapura Timur.

“Jadi yang sudah dikerjakan kurang lebih 1.5 kilometer. Pengerjaan jalan dilakukan secara bertahap,” terangnya, seraya menjelaskan target penyelesaian pada 2024 akan menghabiskan total anggaran kurang lebih Rp150 miliar.

“Insha Allah pembangunan jalan tersebut kita cicil setiap tahunnya dan ditargetkan tahun 2024 selesai,” jelas Yasin.

Ia berharap dengan adanya jalan akses menuju makam dapat memudahkan para peziarah yang tiap tahun selalu memadati komplek pemakaman Datu Kelampayan dan mengurangi kemacetan ketika menjelang haul. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA