Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Jadi Pondasi Perekonomian, Pemerintah Harus Lindungi Pedagang Pasar

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-alfian-1'>AHMAD ALFIAN</a>
LAPORAN: AHMAD ALFIAN
  • Selasa, 22 September 2020, 16:08 WIB
Jadi Pondasi Perekonomian, Pemerintah Harus Lindungi Pedagang Pasar
Pedagang pasar tradisional sedang melayani pembeli/Net
rmol news logo Sejak pandemi virus corona baru (Covid-19) mewabah di tanah air, pasar tradisional menjadi salah satu sektor yang terdampak.

Tidak hanya dari segi ekonomi, banyak pula pedagang pasar yang terpapar Covid-19. Bahkan tidak sedikit yang akhirnya kehilangan nyawa.

Ketua bidang Infokom DPP IKAPPI, Reynaldi Sarijowan, membeberkan total ada sekitar 1.392 pedagang pasar terpapar virus corona dengan total kasus meninggal dunia sebesar 55 kasus di 27 provinsi, 97 kab/kota, dan terjadi di 244 psar.

IKAPPI pun mendorong pemerintah daerah bisa lebih fokus pada protokol kesehatan dan memperkuat tes swab atau rapid di pasar-pasar seluruh Indonesia.

"Selain itu kami meminta pemerintah Pusat dan daerah dapat memberikan stimulus kepada para pedagang dalam menjaga agar pasar tradisional tetap bertahan," ungkap Reynaldi melalui keterangan tertulisnya, Kamis (22/9).

Sebab, kata Reynaldi, pasar harus tetap berjalan sebagai penopang perekonomian daerah dan Pusat distribusi pangan Rakyat.

“Kami juga mendapati bahwa ada penurunan omzet pedagang sekitar 55 sampai dengan 70 persen seluruh Indonesia," jelasnya.

"Maka kami meminta kepada pemerintah untuk menjadikan pasar tradisional sebagai pusat pondasi perekonomian lokal atau perekonomian daerah sehingga kita bisa menjaga agar pasar dan perekonomian terus tumbuh,” sambung Reynaldi.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA