Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Dinas SDA Keruk Lumpur 75 Waduk Dan 13 Sungai Ibukota

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/angga-ulung-tranggana-1'>ANGGA ULUNG TRANGGANA</a>
LAPORAN: ANGGA ULUNG TRANGGANA
  • Senin, 21 September 2020, 22:12 WIB
Dinas SDA Keruk Lumpur 75 Waduk Dan 13 Sungai Ibukota
Petugas Dinas SDA DKI Jakarta/Repro
rmol news logo Dinas Sumber Daya Air (SDA) DKI Jakarta saat ini tengah melakukan pengerukan sedimen di 75 waduk dan 13 sungai besar.

Hal itu sebagai upaya dalam mencegah banjir mengingat musim hujan yang semakin dekat dan mengharuskan daya tampung waduk dan sungai ditambah.

Demikian penjelasan Kepala Dinas SDA DKI Jakarta, Juaini Yusuf, saat meninjau pengerukan lumpur di Waduk Ria Rio, Pulogadung, Jakarta Timur, Senin (21/9).

"Dari lokasi lima wilayah waduk yang kami sekarang lakukan pengerukan mungkin sekitar 50 sampai 75 lokasi, ditambah sungai-sungai besar yang ada 13 sungai yang ada di DKI Jakarta. Juga sungai-sungai kecil yang ada di dalam-dalam perkampungan," ujarnya.

Juaini menuturkan, pengerukan sedimen di berbagai titik ini terus berlangsung secara masif dengan mengerahkan sekitar 8.000 personel di semua wilayah sampai akhir tahun dengan tujuan menambah kapasitas tampungan air.

Meskipun di tengah situasi pandemi Covid-19 petugas tetap bertugas dengan menerapkan protokol kesehatan.

"Personel satgas tetap selalu semangat untuk melaksanakan tugasnya mengurangi atau menghilangkan sama sekali genangan," tandas Juaini.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA