Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Tidak Hanya Mencatat Pernikahan, Penghulu Diharap Bisa Jadi Pencerah

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Senin, 21 September 2020, 20:03 WIB
Tidak Hanya Mencatat Pernikahan, Penghulu Diharap Bisa Jadi Pencerah
Dirjen Bimas Islam Kemenag Kamaruddin Amin/RMOL
rmol news logo Perceraian akan melahirkan kemiskinan-kemiskinan baru serta akan melahirkan persoalan sosial. Untuk itu angka perceraian di Indonesia yang semakin mengkhawatirkan ini harus ditekan dengan menguatkan ketahanan keluarga.

Kementrian Agama (Kemenag) mempunyai program untuk menguatkan ketahanan keluarga dan menghindari bertambahnya perceraian. Program ini dilakukan dengan merevitalisasi Kantor Urusan Agama (KUA) serta meningkatkan kapasitas penghulu.

Dalam acara 'Dialog isu-isu Kebimasislaman Dengan Praktisi Media', Senin (21/9), Dirjen Bimas Islam Kamaruddin Amin menyampaikan keprihatinannya pada meningkatnya perceraian yang terjadi akibat lemahnya ketahanan keluarga.

“Kemenag punya program untuk menguatkan ketahanan keluarga. Dengan melakukan revitalisasi KUA dan mengafirmasi penghulu agar bisa berkontribusi secara maksimal untuk ketahanan keluarga,” kata Amin.

Revitalisasi KUA juga terkait dengan masalah keberadaan kantor KUA yang memprihatinkan.

"Bahkan ada yang tidak punya kantor. Selama ini banyak yang masih menggunakan bangunan Pemda," katanya.

Amin menargetkan dalam empat tahun ke depan Kemenag bisa merevitalisasi banyak gedung KUA. Program rehab gedung KUA juga akan menambah wibawa KUA.

"Insyaallah merehab 1700 kantor KUA. Kalau kantornya bagus, maka wibawa KUA juga meningkat. Dari mana dananya, ya kita menyisir anggaran dari kegiatan yang tidak bisa dilakukan karena Covid-19,” terang Amin.

Selain merehab gedung KUA, kapasitas penghulu pun harus ditingkatkan. Penghulu jangan hanya mencatat pernikahan saja tetapi juga membantu membangun ketahanan keluarga.

“Penghulu jangan hanya bisa baca kitap kuning dan mengetahui fikih biasa. Penghulu bisa membantu KUA menjadi wadah konsultan keagamaan yang bisa menjadi pencerahan bagi lingkungan yang ada di sekitarnya,” harap Amin.

Ketahanan keluarga sangat penting,  Amin mengatakannya sebagai dasar yang fundamental.

"Ketahanan keluarga menentukan ketahanan nasional," tutupnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA