Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Indonesia Bisa Jadi Pusat Ekonomi Syariah Terbesar Di Dunia

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Senin, 21 September 2020, 16:17 WIB
Indonesia Bisa Jadi Pusat Ekonomi Syariah Terbesar Di Dunia
Sekretaris Ditjen Bimas Islam, M. Fuad Nasar berbicara tentang ekonomi syariah dalam dialog isu-isu kebimasislaman, 21 September 2020/RMOL
rmol news logo Indonesia bisa menjadi pusat ekonomi syariah. Kekuatan itu dimiliki negara berpenduduk lebih dari 260 juta orang ini.

Sekretaris Ditjen Bimas Islam, M. Fuad Nasar mengatakan  optimismenya itu, dikarenakan Indonesia memiliki bekal yang mendasarinya.

“Indonesia bisa menjadi pusat ekonomi syariah. Pertama, karena Indonesia mempunyai penduduk muslim terbesar di dunia. Kedua, Indonesia juga memiliki tingkat keterdermawanan tertinggi," ujarnya dalam acara 'Dialog Isu-isu Kebimasislaman Dengan Praktisi Media', di Sentul Bogor, Senin (21/9).

"Indonesia juga memiliki lembaga filantropi yang mengelola zakat wakaf mungkin terbanyak di dunia,” lanjutnya.

Ia menyebutkan bahwa ekonomi syariah terbuka bagi semua kalangan dan memiliki manfaat yang luas, tidak hanya untuk Muslim tapi untuk semua kalangan yang menghendaki kehidupan ekonomi anti diskriminasi.

“Dalam Islam antara ekonomi komersial dan sosial itu tidak boleh terpisah tapi saling mendukung," kata Fuad.  Orang dalam mengejar kekayaan, mencapai keuntungan, tidak boleh meninggalkan misi hidupnya yaitu menolong orang lain,” tuturnya.

“Itulah yang membedakan moral ekonomi dalam agama Islam. Nilai pokok dalam Islam adalah keadilan,” sambung Fuad.

Keadilan ini menjadi spirit ekonomi Islam, bahwa harta tidak hanya berkutat pada orang kaya tapi harta yang punya fungsi sosial, ujar Fuad. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA