Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Siap Hadapi Musim Penghujan, Ini Strategi Pemprov DKI Halau Banjir Ibukota

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-alfian-1'>AHMAD ALFIAN</a>
LAPORAN: AHMAD ALFIAN
  • Senin, 21 September 2020, 15:40 WIB
Siap Hadapi Musim Penghujan, Ini Strategi Pemprov DKI Halau Banjir Ibukota
Petugas Pemprov DKI sedang melakukan pengerukan lumpur di waduk Ria Rio/RMOLJakarta
rmol news logo Ketika musim penghujan tiba, masyarakat Jakarta dihantui rasa cemas dengan permasalahan banjir yang kerap melanda Ibukota.

Terkait persoalan tersebut, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melakukan langkah strategis untuk menghalau datangnya banjir yang rutin melanda di setiap musim penghujan.

Kepala Dinas Sumber Daya Air (SDA) DKI Jakarta, Juaini Yusuf mengatakan, pihaknya sudah melakukan sejumlah upaya antisipasi.

Mulai dari program grebek lumpur, pembangunan sumur resapan, optimalisasi pompa mobile, normalisasi dan naturalisasi sungai, serta penyiagaan sekitar 8.000 personel Pasukan Biru.

"Sudin maupun dinas, siap melaksanakan tugas-tugas pokok dan kewajibannya untuk menghadapi musim penghujan di akhir tahun nanti," jelas Juani saat menghadiri kegiatan Gerebek Lumpur di Waduk Ria Rio, Pulo Gadung, Jakarta Timur, Senin (21/9).

Untuk kegiatan naturalisasi sungai dan pembebasan lahan, Juani menjelaskan, akan dilanjutkan kembali pada tahun 2021. Sebab saat ini masih dilakukan perencanaan.

"Anggarannya InsyaAllah sudah dicukupi. Mudah-mudahan di akhir tahun ini ada 5 sungai yakni Pesanggrahan, Ciliwung, Sunter, Jati Kramat dan kali Angke InsyaAllah akan kita bebaskan," jelasnya.

"Ada beberapa waduk lagi memang yang tahun kemaren belum kita tuntaskan insyaAllah di tahun ini kita selesaikan," pungkas Juani.

Meski dilakukan di tengah situasi pandemi Covid-19, semua kegiatan Dinas SDA dilaksanakan dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA