Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Surat Terbuka Untuk Pengurus Kwan Sing Bio Tuban

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/widian-vebriyanto-1'>WIDIAN VEBRIYANTO</a>
LAPORAN: WIDIAN VEBRIYANTO
  • Senin, 21 September 2020, 07:47 WIB
Surat Terbuka Untuk Pengurus Kwan Sing Bio Tuban
Kwan Sing Bio/Net
rmol news logo Sebuah surat terbuka ditulis untuk pengurus Tempat Ibadah Yayasan Tri Dharma (TITD) Kwan Sing Bio di Tuban, Jawa Timur.

Surat ini berisi keluhan jemaah atas perselisihan antar pengurus yang menyebabkan pintu gerbang utama akses masuk digembok. Sehingga menghalangi umat yang hendak bersembahyang.

Berikut petikan surat terbuka yang diunggah dalam akun Facebook Marga Singgih:

Surat Terbuka

Minggu, 20 September 2020
Kpd Yth :
Pengurus :
PTITD PUSAT
MARTRISIA PUSAT
Di Surabaya

Zhu Ni Hao
Semoga anda baik & sehat
Salam Tridharma

Persoalan & konflik antar Pengurus TITD Kwan Sing Bio di Tuban sudah berlangsung lama lebih dari 5 tahun yg mengakibatkan tindakan memalukan dng saling menggembok Pintu Gerbang Utama Akses masuk shg banyak umat yang ingin bersembahyang jadi terhalang apalagi itu terjadi saat Lak Gwe Ji Si (Sejid Kongco Kwan Seng Te Kun).

Menghalangi umat yg ingin beribadah kpd Kongco Kwan Kong & para Sinbeng / Posat itu adalah tindakan tercela yang memprihatinkan dan melanggar Hak Asasi Manusia serta UUD 1945 Pasal 29 ayat 2.

Pengurus yang bersiteru silahkan menyelesaikan tuntutan secara Hukum di Pengadilan Negeri tapi jangan menghalangi umat yang ingin bersembahyang dng gembok Pintu pagar.

Pengurus TITD seharusnya mendukung/memperlancar umat beribadah tapi ini justru mempersulit umat apalagi banyak umat yg datang dari luar Kota Tuban (Lintas Kota/ kabupaten & Lintas Propinsi).

Berita konflik/perseteruan antar Pengurus tsb sudah tersiar ke seantero negeri bahkan juga ke mancanegara karena TITD Kwan Sing Bio Tuban sudah populer di banyak negara tetangga.

Kita semua tahu bhw TITD Kwan Sing Bio Tuban sudah jadi anggota PTITD PUSAT / MARTRISIA PUSAT dan terdaftar di Dirjen Bimas Buddha (d/h Dirjen Bimas Hindu & Buddha) sejak tahun 1976.

PTITD PUSAT / MARTRISIA PUSAT juga adalah badan / organisasi keagamaan yang terdaftar pada Direktorat Jenderal Bimas Buddha (d/h Dirjen Bimas Hindu & Buddha), Kementerian Agama RI sejak 1967 hingga kini.

Berkenaan dengan fakta lapangan tsb, maka sebagai pribadi & mewakili umat Tridharma yg terhambat ber ibadah di TITD Kwan Sing Bio Tuban, sy mohon klarifikasi ttg langkah nyata apa saja yg sdh dilaksanakan oleh Pengurus PTITD PUSAT / MARTRISIA PUSAT agar umat Tridharma dapat kembali beribadah dengan nyaman & lancar.

Karena para umat awan belum mendengar / melihat langkah nyata peran serta Pengurus PTITD / MARTRISIA PUSAT dalam penanganan masalah tsb shg terkenan ada pembiaran.

Klarifikasi tsb penting utk meluruskan pemberitaan di media massa yang tidak jelas & meresahkan umat.

Semoga umat dapat kembali beribadah dengan lancar & nyaman di TITD Kwan Sing Bio Tuban

Tikong & Kongco Kwan Kong + Para Sinbeng / Posat Po Pi

Salam
Marga Singgih. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA