Rebutkan Piala Menpora, AKKI Gelar Lomba Generasi Muda Cinta Bangsa Dan Pancasila

Menteri Pemuda dan Olahraga Zainuddin Amali bersama Effan Audi Khalif dan Ignazio Marco Widodo/Net

Effan Audi Khalif dan Ignazio Marco Widodo, dua remaja berumur 16 tahun menggagas gerakan Aku Kamu Kita Indonesia (AKKI), mengajak generasi muda untuk menumbuhkan semangat kebangsaan dan Pancasila di masa pandemi Covid-19.

Para generasi Z ini ditantang membuat video, foto, dan essay yang menarik tentang kebangsaan dan Pancasila.

Gagasan dua pelajar kelas 11 SMA Jakarta Intercultural School (JIS) ini pun mendapat sambutan baik dari sejumlah kalangan. Salah satunya, dari Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali.

“Anak muda jaman sekarang memang harus punya pegangan jati diri bangsa yang kuat, harus memperkokoh rasa persatuan dan kesatuan bangsa, apapun latar belakang dan asal kita,” kata Menpora Zainuddin usai menerima Audi dan Marco di kantor Kemenpora, baru-baru ini.

Menurut Zainuddin, para remaja Indonesia harus melihat anak-anak muda di Jepang yang maju secara pembangunan tapi tetap menjunjung tinggi nilai-nilai budaya.

“Lihatlah anak-anak muda Jepang, setinggi apapun teknologi yang mereka gunakan, mereka tetap ingat dan menjunjung tinggi budayanya,” katanya.

Audi dan Marco, mendapatkan ide untuk kegiatan AKKI dari pengalaman dan persahabatan keduanya sehari-hari sebagai dua remaja Indonesia yang berbeda latar belakang, suku dan agama.

Walaupun banyak perbedaan diantara mereka, Audi dan Marco terus menjunjung toleransi dengan semangat Bhineka Tunggal Ika. Beberapa kali Audi dan Marco menjadi rekan satu tim untuk mengharumkan nama Indonesia dalam berbagai kompetisi akademis di luar negeri.

Dari pengalaman-pengalaman pertemanan mereka yang unik, muncul ide membuat gerakan “Aku Kamu Kita Indonesia” untuk mengajak generasi muda agar semakin mendalami pilar-pilar kebangsaan dan mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari.

Gebrakan awal program AKKI diadakan dalam rangka menyambut hari “Sumpah Pemuda” dengan menyelenggarakan lomba pengamalan Pancasila di masa Covid-19 bekerjasama dengan Kemenpora.

Lomba yang berlangsung dari tanggal 15 September sampai 15 Oktober 2020 ini memperebutkan Piala Menpora dan merupakan lomba bertemakan engamalan Pancasila yang pertama kali diadakan di tingkat nasional.

“Kalau kamu punya peristiwa menarik yang berhubungan dengan Pancasila, ikutan lomba yang diselenggarakan AKKI ini. Selain hadiahnya menarik, ini juga bisa jadi sumbangsih kita buat merawat keberagaman yang ada di negeri tercinta,” papar Audi dalam keterangan tertulis, Minggu (20/9).

Dijelaskan Audi, di masa pandemik ini kami melihat banyak anak-anak muda Indonesia yang berbuat baik membantu sesama, ada yang berinisiatif mengumpulkan dana untuk membantu penyediaan APD dan masker bagi tenaga kesehatan, ada yang menyiapkan paket sembako dan masih banyak yang lainnya.

"Lomba ini diadakan supaya kegiatan-kegiatan baik tadi dapat diceritakan dengan lebih luas, dengan gaya anak muda masa kini melalui essay, foto dan video singkat di Instagram,” tambah Audi yang saat ini menjabat sebagai wakil ketua Indonesia club di Jakarta Intercultural School.

Hal senada juga disampaikan Marco. Ia mengajak generasi muda mengikuti lomba ini karena banyak hadiah menarik, termasuk memperebutkan Piala Menpora. 

“Bapak Menpora berpesan agar semua kegiatan yang kami lakukan harus dikemas dengan menarik, kreatif dan inovatif. Harapan kami agar lomba dengan sasaran peserta SMA dari seluruh Indonesia ini dapat menginspirasi generasi muda bahwa pengamalan Pancasila dalam keseharian kita bukanlah hal yang asing maupun sulit dilakukan,” jelasnya

“Seneng jalan-jalan? Ada momen menarik yang berhubungan dengan Pancasila? Atau kepikiran buat video pendek tentang hal itu? Yuk, ikutan lomba di AKKI. Hadiahnya menarik dan bisa dimuat juga bersama karya dan cerita kamu di sini,” ujarnya.

Dengan kehadiran “Aku Kamu Kita Indonesia”, Audi berharap bisa mengajak semua teman-teman muda untuk bersama-sama mencapai banyak hal bagi negeri kita tercinta.

“Bagaimana kami dan apa saja yang sudah kami lakukan, bisa dilihat di laman www.akukamukitaindonesia.org, jadi buruan daftarkan diri ikut lomba ini ya,” pungkasnya.

Kolom Komentar


Video

Wanita Terbakar Dalam Mobil di Sukoharjo, Diduga Korban Pembunuhan

Rabu, 21 Oktober 2020
Video

DENDI RAMADHONA DAN PESAWARAN

Rabu, 21 Oktober 2020
Video

Diduga Melanggar, Bawaslu Panggil Calon Bupati Semarang

Kamis, 22 Oktober 2020

Artikel Lainnya

Pembelaan Demokrat, Sekdaprov Jatim Telah Jalankan Program Unggulan Khofifah-Emil
Nusantara

Pembelaan Demokrat, Sekdapro..

24 Oktober 2020 00:45
Diduga Korupsi ADD, Oknum Bendahara Desa Diamankan Polres Serang Kota
Nusantara

Diduga Korupsi ADD, Oknum Be..

24 Oktober 2020 00:16
Khofifah Instruksikan Dekranasda Jatim Gencarkan Literasi Digitalisasi UMKM
Nusantara

Khofifah Instruksikan Dekran..

23 Oktober 2020 23:30
Dirjen Otda: Pilkada Menjadi Orkestrasi Perlawanan Terhadap Covid-19
Nusantara

Dirjen Otda: Pilkada Menjadi..

23 Oktober 2020 22:39
Ahli Waris Pasien Covid-19 Yang Meninggal Dapat Santunan 15 Juta, Ini Syaratnya
Nusantara

Ahli Waris Pasien Covid-19 Y..

23 Oktober 2020 21:38
Belajar Dari Pengalaman, Wagub DKI Imbau Warga Diam Di Rumah Saat Libur Panjang
Nusantara

Belajar Dari Pengalaman, Wag..

23 Oktober 2020 21:20
Jelang Libur Panjang, Pemkot Bandung Wanti-wanti Wisatawan Patuhi Protokol Kesehatan
Nusantara

Jelang Libur Panjang, Pemkot..

23 Oktober 2020 18:54
Resmikan Jalur Khusus Sepeda, Dishub Semarang Ingatkan Larangan Saat Bersepeda
Nusantara

Resmikan Jalur Khusus Sepeda..

23 Oktober 2020 18:19