Korban Arisan Online Laporkan Pencemaran Nama Baik Ke Polres Metro Jakarta Utara

Nur Aini (kiri) dan Tania Aurelya/Net

Korban penipuan arisan online mendatangi Polres Metro Jakarta Utara untuk melaporkan dugaan pencemaran nama baik melalui media elektronik oleh pemilik arisan.

Nur Aini, selaku korban penipuan arisan online mengatakan, pihaknya merasa ditipu dan dikenakan denda untuk satu slot arisan sekitar Rp 1 juta hingga Rp 3 juta.

"Saya juga mengikuti arisan disitu banyak. Selain itu (denda), saya yang tadinya ingin mendapatkan arisan malah daftar dapat arisannya jadi turun di nomor akhir,” katanya seusai membuat laporan di Polres Metro Jakarta Utara, Selasa (15/9).

Sebelumnya, korban sudah melaporakan ke Polda Metro Jaya pada tanggal 14 Agustus 2020 dengan laporan polisi nomor : LP/4838/VIII/YAN.2.5/2020/SPKT PMJ. Tetapi, pihak Polda Metro Jaya melihat tempat kejadian perkara nya di wilayah Apartement Kelapa Gading maka kasusnya diarahkan ke Polres Metro Jakarta Utara.

Adapun terlapor dalam kasus tersebut adalah pemilik akun Instagram @rexypangestu dan @misspinklove88. Di akun tersebut, disebutkan keduanya adalah suami dan istri.

Nur Aini mengatakan, selain penipuan arisan terduga pelaku juga sudah melakukan pelecehan di media sosial.

"Misalnya harus menjual harga diri saja dan ada perkataan seronoh yang tidak bisa ungkapkan," katanya.
 
Selama mengikuti arisan, kata dia, pihaknya selalu melakukan pembayaran tepat waktu. Hanya saja, ketia giliran akan mendapatkan arisan, pengelola malah menurunkan nomor urutnya ke bagian akhir.

"Ketika saya keluar dari group Line arisan dan nomor saya semua yang belum keluar di turunin di paling bawah. Setelah saya ijin keluar grup, kemudian nomor dibalikin ke nomor urutan semula lalu dilelang," jelasnya.
 
"Jadi uang lelang itu masuk juga ke rekening pemilik arisan tersebut, dan bukan ke rekening nasabah. Seharusnya peraturan arisan adalah uang lelangnya masuk ke rekening nasabah," bebernya

Dia juga mengakui, keputusan mengikuti arisan karena diimingi nomor urut dua. Kemudian, untuk kocokannya ternyata malah dikeluarin di nomor empat hingga akhirnya turun pada urutan akhir.

“Intinya dari arisan tersebut juga ada kecurangan yang sudah diatur oleh pihak pemiliknya, dan kami pun yang kagetnya di datengi oleh pemiliknya berserta membawa salah satu oknum dari pihak kepolisian," urainya.

"Mereka mendatangi rumah saya untuk mencari saya dan menunjukan foto ke RT setempat bahwa saya telah dituduh membawa lari uang sekitar Rp 200 juta, kemudian mama saya di foto dan disebarkan ke media sosia lalu diklaim dengan tuduhan itu,” ungkapnya.

Dia berharap pelaporan ini agar cepat di proses. Supaya pengelola arisan tidak meremehkan orang lagi dan bisa menjaga sikap kepada nasabah lainnya.

"Semoga arisannya cepat terbongkar, untuk pemilik arisan tersebut dari orang luar yang berinisial PN berasal dari Malaysia dan suaminya berinisial RP itu berasal dari Padang,” pungkasnya.

Kolom Komentar


Video

#KamiMasihAda Pemkot Fasilitasi Launching Album 30 Musisi Semarang

Kamis, 24 September 2020
Video

Tanya Jawab Cak Ulung - Ancaman dan Peluang Pilkada

Kamis, 24 September 2020

Artikel Lainnya

Wisma Atlet Pindahkan 34 Fasilitas Ruang ICU Ke RS Universitas Indonesia
Nusantara

Wisma Atlet Pindahkan 34 Fas..

26 September 2020 18:57
Mundurnya Akmal Taher Indikasi Ada Kesalahan Dalam Penanganan Covid-19 Di Indonesia
Nusantara

Mundurnya Akmal Taher Indika..

26 September 2020 17:49
Bertambah 4.494 Kasus, Total 271.339 Orang Terjangkit Covid-19
Nusantara

Bertambah 4.494 Kasus, Total..

26 September 2020 16:11
Sambut Pjs Gubernur Sulut, Olly Dondokambey: Selamat Bekerja Pak Agus Fatoni, Kita Gantian Sementara
Nusantara

Sambut Pjs Gubernur Sulut, O..

26 September 2020 11:37
Anwar Abbas Setuju Wacana Sumatera Barat Diganti Jadi Provinsi Minangkabau
Nusantara

Anwar Abbas Setuju Wacana Su..

26 September 2020 10:43
Eddi Widiono Dukung VBL Wujudkan Koridor Listrik NTT-Jawa
Nusantara

Eddi Widiono Dukung VBL Wuju..

26 September 2020 09:34
Hari Ini, Airlangga Kampanye
Nusantara

Hari Ini, Airlangga Kampanye..

26 September 2020 07:59
Dinas PUPR Kalsel Bangun Akses Jalan Menuju Makam Datu Kelampayan Target Selesai 2024
Nusantara

Dinas PUPR Kalsel Bangun Aks..

26 September 2020 07:31