Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Pesan Wapres Maruf Amin Bagi Mahasiswa Baru: Jadilah Agen Perubahan Yang Junjung Nasionalisme Dan Moralitas Sosial

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/agus-dwi-1'>AGUS DWI</a>
LAPORAN: AGUS DWI
  • Senin, 07 September 2020, 10:59 WIB
Pesan Wapres Maruf Amin Bagi Mahasiswa Baru: Jadilah Agen Perubahan Yang Junjung Nasionalisme Dan Moralitas Sosial
Wakil Presiden RI, Maruf Amin, saat mengikuti acara Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) Universitas Negeri Surabaya secara daring/Dok Setwapres
rmol news logo Mahasiswa telah dianggap sebagai bagian kelompok elite dalam struktur masyarakat Indonesia. Sebab tak banyak yang punya kesempatan untuk mengenyam pendidikan tinggi.

Oleh sebab itu, para mahasiswa diharapkan menjadi agen perubahan yang menjunjung tinggi nasionalisme dan moralitas sosial.

Hal tersebut dikatakan Wakil Presiden RI, KH Maruf Amin, saat menghadiri acara Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) Universitas Negeri Surabaya secara daring, Senin (7/9).

“Anda yang hari ini memulai kegiatan pendidikan tinggi, serta seluruh mahasiswa yang diterima di berbagai perguruan tinggi baik negeri maupun swasta, merupakan kelompok elite dalam struktur masyarakat Indonesia,” ucap Maruf Amin, dikutip laman Wapresri.

Ditambahkan Wapres, saat ini jumlah penduduk Indonesia yang mendapatkan kesempatan untuk melanjutkan pendidikan tinggi masih sangat terbatas.

Berdasarkan data Survei Angkatan Kerja Nasional (Sakernas-BPS) Februari 2020, dari 137,91 juta penduduk usia 15 tahun ke atas yang bekerja, hanya sekitar 14,2 juta atau hanya 10,3 persen yang berkesempatan menikmati pendidikan tinggi.

Oleh sebab itu, Wapres pun memberi 3 pesan kepada seluruh mahasiswa baru yang akan menjadi bagian dari kelompok elite di masyarakat.

“Pertama, jangan sia-siakan kesempatan yang diperoleh untuk menikmati pendidikan tinggi. Kesempatan ini merupakan karunia Allah. Bentuk rasa syukur Anda atas karunia tersebut adalah dengan belajar dan bekerja keras agar Anda dapat menyelesaikan pendidikan tepat waktu dengan hasil yang memuaskan,” pesan Maruf Amin.

Kemudian, Wapres mengingatkan bahwa mahasiswa harus menjadi agen perubahan yang terus menjunjung tinggi nilai-nilai nasionalisme, cinta tanah air, patriotisme, dan toleransi. Karena masa depan bangsa sepenuhnya ada di pundak mereka yang saat ini menjadi mahasiswa.

“Ketiga, tumbuh dan berkembanglah menjadi intelektual yang memahami ilmu pengetahuan, tetapi juga menjunjung tinggi moralitas dan menghargai kehidupan sosial. Dunia tidak akan menjadi lebih baik hanya karena banyak orang cerdas. Tetapi dunia akan lebih baik karena moralitas dan kohesi sosial yang baik,” jelas Maruf Amin menutup pesannya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA