Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Lima Sungai Meluap, 12 Desa Di Kabupaten Landak Terendam Banjir

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/diki-trianto-1'>DIKI TRIANTO</a>
LAPORAN: DIKI TRIANTO
  • Minggu, 06 September 2020, 21:55 WIB
Lima Sungai Meluap, 12 Desa Di Kabupaten Landak Terendam Banjir
Banir di Kabupaten Landak yang disebabkan meluapnya lima sungai di wilayah tersebut/Istimewa
rmol news logo Banjir dan tanah longsor yang melanda di Kabupaten Landak, Kalimantan Barat terjadi karena lima sungai di wilayah tersebut meluap usai diguyur hujan berintensitas tinggi pada Jumat (4/9) hingga Sabtu (5/9).
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Adapun kelima sungai yang meluap tersebut meliputi Sungai Behe, Sungai Dait, Sungai Landak, Sungai Menyuke dan Sungai Meranti.

Menurut laporan dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Landak, Minggu (6/9) pukul 10.24 WIB, banjir telah merendam 12 desa di enam kecamatan, meliputi Desa Ampadi, Desa Meranti, Desa Tahu dan Desa Selange di Kecamatan Meranti.

"Selanjutnya Desa Nyanyum di Kecamatan Kuala Behe, Desa Semunti, Desa Tengue dan Desa Sekendal di Kecamatan Air Besar. Kemudian Desa Menjalin di Kecamatan Menjalin, Desa Untang di Kecamatan Banyuke Hulu, Desa Songga dan Desa Darit di Kecamatan Menyuke," kata Kepala Pusat Data Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Raditya Jati dalam keterangan tertulisnya, Minggu (6/9).

Banjir dengan tinggi muka air 80-110 sentimeter itu menggenangi sedikitnya 416 rumah yang dihuni 416 KK. Selain itu, satu unit rumah dilaporkan rusak sedang dan tiga unit lainnya rusak ringan setelah terdampak longsor.

Hingga saat ini, upaya yang telah dilakukan oleh BPBD Kabupaten Landak beserta tim gabungan dari instansi terkait adalah membuka jalur yang terdampak banjir dan longsor menggunakan alat berat di Dusun Emprija, Desa Semunti, Kecamatan Air Besar.

Selain itu, tim BPBD Kabupaten Landak juga telah melakukan pendistribusian logistik, evakuasi warga dengan perahu dan aktivasi posko darurat bencana. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA