Stok Berkurang 50 Persen Saat Covid-19, Jusuf Kalla Imbau Masyarakat Tingkatkan Kepedulian Donor Darah

Ketua Palang Merah Indonesia, Jusuf Kalla bersama penggerak Gerakan Donor Darah Indonesia (GDDPI)/Net

Palang Merah Indonesia (PMI) mencatatkan, akibat pandemik Covid-19 angka pendonor darah mengalami penurunan drastis hingga 50 persen.

Ketua Palang Merah Indonesia, Jusuf Kalla menjak agar masyarakat tetap meningkatkan kepedulian dengan tetap aktif mendonorkan darah.

“Di masa pandemi seperti ini, kepedulian kita haruslah dikedepankan. Termasuk kesadaran akan donor darah. Di Jakarta saja kita butuh 1.000 Kantung Darah perhari," kata Jusuf Kalla dalam keterangan tertulis, Minggu (6/9).

JK mengapresiasi dan mendukung kegiatan yang digelar Gerakan Donor Darah Indonesia (GDDPI) yang berhasil mengumpulkan 465 kantung darah dari 527 pendaftar. Sebuah langka positif menolong sesama di masa pandemik Covid-19.

Mantan Wakil Presiden presiden dua kali ini juga bangga melihat data peserta donor darah yang banyak dari kalangan pemula atau baru pertama kali mendonorkan darah.

"Aksi donor darah membantu PMI bisa tetap menjadi kontribusi yang mampu menggerakkan hati masyarakat untuk menyumbangkan darahnya demi menyelamatkan sesama," jelasnya.

GDDPI adalah gerakan yang digagas oleh Vicky dengan tujuan meningkatkan jumlah stok darah PMI di tengah kondisi Covid-19, pihaknya mengajak sejumlah organisasi kemasyarakatan diantaranya Perempuan Untuk Negeri (PUN), Yayasan Batik Indonesia (YBI), Dharma Wanita Kemenko Perekonomian, Pertiwi, Pernik Nusantara, PP LIPI, Perempuan Jenggala, PSKD, Perempuan Jenggala dan Geronimo.

GDDPI merupa gerakan sosial bersama sejumlah organisasi untuk mengumpulkan kantung darah untuk PMI. Instansi medis harus terus didukung sebagai garda terdepan dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat.

GDDPI telah melakukan donor darah pada Sabtu (5/9) di Pondok Indah Golf Jakarta. Pelaksanaan donor darah dilakukan dengan menggunakan prokol kesehatan yang ketat. Selain dilakukan dengan jarak yang minimal satu meter, semua petugas pengambil darah juga dilengkapi dengan APD lengkap.

"Penyelenggaraan donor darah ini menggunakan protokoler kesehatan ketat untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19. Setiap relawan yang hendak menyumbangkan darah harus melalui rapid test," kata Vicky.

Ketua Unit Donor Darah Palang Merah Indonesia, dr Linda Lukitari Waseso mengatakan, minimnya masyarakat yang mendonorkan darah di masa pandemik Covid-19 sangat mengkhawatirkan stok ketersediaan darah di PMI. Padahal kegiatan transfusi darah menjadi sangat penting bagi masyarakat yang berada pada kondisi kritis.

“Setelah diumumkannya bahwa di Indonesia ditemukan kasus Covid-19. Kemudian diberlakukannya berbagai upaya untuk pencegahan penyebaran Covid-19 dengan work from Home, social distancing dan lainnya, kegiatan donor darah di hampir sebagian besar Unit Donor Darah PMI mengalami penurunan rata-rata 30-50 persen," jelasnya.

Dia menambahkan, jumlah stok darah yang tersedia tidak seimbang dengan penyakit demam berdarah yang tengah merebak dan pasien rutin transfusi darah seperti thalasemia serta kebutuhan lain.

Dewan Pembina GDDPI, Yanti Airlangga yang juga istri Menteri Perekonomian Airlangga Hartarto mengungkapkan bahwa kegitan tersebut merupakan bentuk perhatian khusus kepada PMI. Keprihatinan stok darah di masa pandemi saat inilah yang mendorong GDDPI untuk bahu membahu meringankan beban PMI.

Dia menyebutkan proses donor darah pada masa pandemi dilakukan dengan prosedur yang ketat agara tidak terjangkit Covid-19. Setiap pendonor  harua mendaftarkan diri kemudian terlbih dahulu mengikuti rapid test.

"Aksi mengumpulkan kantung darah di akan dilakukan di beberapa daerah seperti Jogja, Palu dan Bali," pungkasnya.

Kolom Komentar


Video

Wanita Terbakar Dalam Mobil di Sukoharjo, Diduga Korban Pembunuhan

Rabu, 21 Oktober 2020
Video

DENDI RAMADHONA DAN PESAWARAN

Rabu, 21 Oktober 2020
Video

Diduga Melanggar, Bawaslu Panggil Calon Bupati Semarang

Kamis, 22 Oktober 2020

Artikel Lainnya

Walau Kasus Aktif Sudah Turun, Ketua DPRD DKI Tetap Minta Warga Tidak Keluyuran
Nusantara

Walau Kasus Aktif Sudah Turu..

26 Oktober 2020 12:49
Bantu Masyarakat Terdampak Pandemi, Seorang Siswa SD Akan Lelang Koleksi Ikan Cupangnya
Nusantara

Bantu Masyarakat Terdampak P..

26 Oktober 2020 12:31
KSPI: Jika Jokowi Teken UU Ciptaker, Siap-siap Hadapi Protes Besar-besaran
Nusantara

KSPI: Jika Jokowi Teken UU C..

26 Oktober 2020 12:23
Jokowi Minta UMKM Terus Bekerja Keras Dimasa Pandemi Covid-19
Nusantara

Jokowi Minta UMKM Terus Beke..

26 Oktober 2020 11:50
Anies Kunjungi Polda Metro Jaya Bahas Pelajar Yang Ditangkap Saat Demo
Nusantara

Anies Kunjungi Polda Metro J..

26 Oktober 2020 11:43
Hindari Antrean Dan Tertinggal Kereta, Pelanggan KAI Diimbau Lakukan Rapid Test H-1 Keberangkatan
Nusantara

Hindari Antrean Dan Tertingg..

26 Oktober 2020 10:59
Jokowi Lantik 12 Duta Besar, Ini Daftar Namanya
Nusantara

Jokowi Lantik 12 Duta Besar,..

26 Oktober 2020 10:24
Menuju Jakarta Langit Biru, DLH DKI Gelar Uji Emisi Gratis 2 Kali Seminggu
Nusantara

Menuju Jakarta Langit Biru, ..

26 Oktober 2020 08:27