Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Anies Baswedan: Akses Internet Mirip Kebutuhan Listrik Di Tahun 70-an

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-alfian-1'>AHMAD ALFIAN</a>
LAPORAN: AHMAD ALFIAN
  • Kamis, 03 September 2020, 10:18 WIB
Anies Baswedan: Akses Internet Mirip Kebutuhan Listrik Di Tahun 70-an
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bersama warga DKI/Net
rmol news logo Kebutuhan dasar masyarakat telah mengalami perkembangan di tengah pandemi. Tidak lagi sekadar sandang, pangan, dan papan, tapi juga ada kebutuhan energi dan telekomunikasi.

Begitu kata Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan lewat video yang diunggah di Channel YouTube Pemprov DKI Jakarta saat menghadiri Penandatanganan MoU Antara Diskominfotik dengan Apjatel terkait pemasangan WiFi di wilayah ibukota.

Anies juga menyampaikan, saat ini ibukota sedang berada dalam masa transisi akibat pandemi Covid-19 atau virus corona. Masa transisi inilah yang mengubah kebutuhan dasar tersebut.

"Jadi kita sedang masuk dalam di masa transisi umat manusia, di mana kebutuhan kebutuhan dasar didefinisikan baru lagi (ditambah energi dan telekomunikasi)," ucap Anies, seperti dikutip redaksi, Kamis (3/9).

Akibat bencana non alam ini, Anies mengatakan Jakarta sedang mengalami krisis bukan hanya kesehatan, tapi juga krisis ekonomi.

Orang nomor satu di Jakarta ini mengungkapkan, akibat pandemi juga memaksa masyarakat untuk bekerja dan belajar dari rumah. Dan saat itu dilakukan oleh masyarakat, terjadi kelangkaan pada akses digital atau Internet.

Anies menganalogikan, kebutuhan Internet saat ini sama seperti kebutuhan listrik pada tahun 1970-1980. Di mana Pemerintah saat itu menggenjot kebutuhan listrik bagi masyarakat. 

"Akses internet ini seperti kebutuhan listrik di tahun 70-80-an di mana Pemerintah melakukan penggenjotan program untuk listrik masuk desa," ujarnya.

"Karena itu kemudian Pemprov DKI Jakarta merasa perlu untuk bisa memfasilitasi seluruh warga yang mendadak membutuhkan akses internet ini," sambung Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA