Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Akomodasi Kearifan Lokal, Underpass Senen Akan Berhiaskan Ornamen Khas Betawi

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-alfian-1'>AHMAD ALFIAN</a>
LAPORAN: AHMAD ALFIAN
  • Rabu, 02 September 2020, 18:18 WIB
Akomodasi Kearifan Lokal, Underpass Senen Akan Berhiaskan Ornamen Khas Betawi
Proses pengerjaan proyek underpass Senen/Istimewa
rmol news logo Untuk mengurai kemacetan di Ibukota, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan gencar melakukan pembangunan Fly Over dan Underpass di sejumlah tempat. Pembangunan Fly Over dan Underpass ini akan mengakomodasi kearifan lokal pada sentuhan akhirnya.

Salah satu yang saat ini sedang dikerjakan adalah Underpass Senen Extension. Nantinya, di lokasi ini akan dipercantik dengan ornamen khas Betawi.

Untuk itu, Kepala Dinas Bina Marga, Hari Nugroho, telah berkomunikasi dengan Lembaga Kebudayaan Betawi (LKB) dalam rangka mengakomodasi nilai-nilai kearifan lokal khususnya budaya Betawi di setiap infrastruktur yang dibangun.

"Kami setiap membangun atau membuat suatu infrastruktur itu pasti tetap mengakomodasi kearifan lokal. Salah satu bentuk ornamen Betawi," ungkap Hari, Rabu (2/9).

Ornamen lain yang merepresentasikan budaya Betawi juga akan menghiasi fasilitas pendukung lainnya. Seperti, halte dan Jembatan Penyeberangan Orang (JPO) di sekitarnya.

Hari merinci, Underpass Senen Extension akan menggunakan motif Sopi-Sopi dan Pagar Langkan Betawi. Kemudian rumah lift di JPO Pasar Senen depan Bioskop Senen akan menggunakan motif Tumpal. Sedangkan JPO Jalan Senen Raya akan dihias dengan ornamen Gigi Balang.

Dia menambahkan, hal ini sebagai upaya pelestarian budaya Betawi. Selain sarat akan budaya Betawi, JPO Jalan Raya Senen juga akan dihias dengan lampu RGB yang bisa menampilkan warna-warni semarak.

"JPO ini menambah satu lagi JPO kekinian di Jakarta, yang mencuri perhatian. Lampu-lampunya RGB seperti di Sudirman, bisa seratus warna," tandas Hari. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA