Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

PWI Jaya Bahas Tol Laut Bersama Direktur Lalu lintas Dan Angkutan Laut Kemenhub

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-alfian-1'>AHMAD ALFIAN</a>
LAPORAN: AHMAD ALFIAN
  • Rabu, 02 September 2020, 16:53 WIB
PWI Jaya Bahas Tol Laut Bersama Direktur Lalu lintas Dan Angkutan Laut Kemenhub
Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Laut Kemenhub Captain Anthoni Arif Priadi/Net
rmol news logo Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) DKI Jakarta berkolaborasi dengan Direktorat Jenderal Laut Kementerian Perhubungan menyelenggarakan acara diskusi Forum PWI Jaya yang disiarkan secara virtual pada Rabu (2/9).

Acara yang dibuka langsung oleh Ketua PWI Jaya Sayid Iskandarsyah mengangkat tema ‘Upaya Ditjen Laut Kementerian Perhubungan Menjamin Ketersediaan Sarana dan Prasarana Transportasi Laut Nasional Yang Optimal’.

Dalam sambutannya Sayid menuturkan, PWI Jaya melihat transportasi laut saat ini sebagai sesuatu hal yang tidak dapat dipisahkan dari pergearakan manusia.

Terlebih lagi, saat ini hadir tol laut yang diharapkan dapat menjadi motor penggerak pertumbuhan perekonomian nasional dan mendukung daya saing nasional secara global.

"PWI Jaya berharap forum ini dapat menjadi tempat seluruh pihak menyampaikan aspirasi yang tentu saja berupa aspirasi positif bagi terwujudnya Tol Laut sebagai sarana mewujudkan konektivitas antar wilayah yang selama ini menjadi hambatan pertumbuhan ekonomi daerah,” jelasnya.

Kegiatan ini sejatinya dihadiri Ditjen Perhubungan Laut Kemenhub Agus H. Purnomo. Namun, karena berhalangan hadir maka digantikan oleh Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Laut Kemenhub Captain Anthoni Arif Priadi.

Anthoni pun menyampaikan apresiasinya terhadap Diskusi yang diselenggarakan PWI Jaya. Ia berharap semoga diskusi ini menghasilkan rekomendasi untuk perbaikan lalulintas laut.

Anthoni menjelaskan Indonesia terletak pada lokasi strategis dalam rute perdagangan dunia. Mengingat 90 persen perdagangan internasional melalui jalur laut di mana 40 persennya melewati wilayah perairan Indonesia.

Untuk itu dalam upaya memperkecil disparitas harga barang kebutuhan pokok antar wilayah barat dan dan timur Indonesia, diperlukan kebijakan pemerintah yang menyeluruh dalam implementasi mulai dari subsidi kapal, dan subsidi di pelabuhan dan subsidi lainnya.

"Selain itu diperlukan pula peran media dalam menyampaikan informasi terkait tol laut yang berimbang sehingga masyarakat mengetahui dengan baik apa yang masyarakat dapatkan," pungkasnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA