Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Bantu Evakuasi, 5 Bus Sekolah DKI Sudah Angkut 1.000 Lebih Pasien Covid-19

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-alfian-1'>AHMAD ALFIAN</a>
LAPORAN: AHMAD ALFIAN
  • Selasa, 01 September 2020, 12:51 WIB
Bantu Evakuasi, 5 Bus Sekolah DKI Sudah Angkut 1.000 Lebih Pasien Covid-19
Bus Sekolah diperbantukan mengevakuasi pasien Covid-19 di DKI Jakarta/Net
rmol news logo Bus Sekolah yang biasa mengangkut para siswa saat masih kondisi normal, sementara waktu dialihfungsikan untuk mengangkut para pasien Covid-19 ke rumah sakit rujukan.

Tercatat sudah 1.009 pasien Covid-19 selama periode April-Agustus 2020 yang dievakuasi ke tempat perawatan menggunakan Bus Sekolah, Unit Pengelola Angkutan Sekolah (UPAS) Dinas Perhubungan DKI Jakarta.

Kepala UPAS Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Ali Murthadho menjelaskan, ada 3 unit bus sekolah berukuran sedang dengan kapasitas 20 orang, dan 2 unit berukuran kecil dengan kapasitas 17 orang yang dikerahkan untuk bantu mengevakuasi.

"Berdasarkan permintaan dari Dinkes terkait transportasi pasien yang cukup besar, kami kirimkan unit armada untuk dibawa ke Wisma Atlet atau rumah sakit umum daerah rujukan Covid-19," ujarnya, Selasa (1/9).

"Kita punya 13 kru yang kami rekrut dari tenaga di UPAS, mereka adalah orang-orang pilihan yang mempunyai kemampuan, sudah lulus seleksi kesehatan. Awak bus juga dilengkapi Alat Pelindung Diri (APD)," sambungnya.

Ali menambahkan, 5 unit bus khusus evakuasi pasien Covid-19 juga dimodifikasi. Di antaranya dengan menerapkan pola penyekatan di dalam bus dan pemutusan sentra AC.

Setiap bus yang dioperasikan juga disterilisasi dan didekontaminasi sebelum maupun sesudah melakukan evakuasi pasien.

"Kru yang sudah bertugas juga lakukan isolasi mandiri selama tiga hari di mess UPAS. Kami akan lihat kru yang bertugas mengalami gejala terpapar atau tidak," tandasnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA