Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Pemuda Papua Juga Bisa Jadi Wirausahawan Unggul

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-kiflan-wakik-1'>AHMAD KIFLAN WAKIK</a>
LAPORAN: AHMAD KIFLAN WAKIK
  • Senin, 31 Agustus 2020, 19:22 WIB
Pemuda Papua Juga Bisa Jadi Wirausahawan Unggul
Jonathan Warinussy (kanan)/Net
rmol news logo Pemuda putera asli Papua bisa menjadi seorang wirausahawan yang unggul dan tidak melulu harus bercita-cita menjadi pejabat pemerintahan.

Seperti halnya Jonathan Warinussy, pemuda kelahiran Serui dan besar di Jayapura, tidak bermimpi muluk menjadi seorang aparatur sipil negara (ASN) seperti yang dicita-citakan oleh orangtuanya atau mayoritas masyarakat Papua.

Sebaliknya, pemuda Papua yang kini tinggal di Bandung, Jawa Barat ini berkeinginan menjadi seorang wirausahawan sukses, serta lebih berguna bagi orang lain.

“Dengan menjadi wirausahawan, dapat membantu anak-anak Papua lain di Bandung, yang butuh uang bisa kerja di sini, untuk bantu memenuhi kebutuhan hidup mereka setidaknya, sambil mereka belajar wirausaha juga,” ujar Jonatan dalam keteranganya, Senin (31/8).

Mahasiswa yang tengah menyelesaikan skripsinya di Universitas Komunikasi Bandung jurusan Akuntansi ini, masih bergelut untuk memenuhi kebutuhan kehidupannya di Kota Bandung, dengan menjual nasi kuning.

Dia berharap, kedepannya ingin mendorong lebih banyak lagi anak-anak Papua dan Indonesia Timur untuk dapat menjadi entrepreneur.

“Saya beberapa kali sudah mengadakan acara seminar kewirausahaan di kedai saya bersama teman-teman Papua, dan sudah ada yang tertarik menjadi pengusaha dengan buka kedai juice di samping kedai saya,” tuturnya.

Jonathan mengajak para pemuda dan pemudi dari Bumi Cenderawasih untuk ikut membangun Tanah Papua dengan cara menjadi pelaku bisnis. Menurutnya, ini langkah terbaik untuk meningkatkan harkat, martabat dan kebanggaan orang-orang asli Papua.

Billy Mambrasar, Staf Khusus Presiden yang juga merupakan contoh entrepreneur muda yang sukses dari Papua, memberikan apresiasinya dan mendukung langkah anak-anak asli Papua seperti Jonathan Warinussy.

“Sudah waktunya anak-anak Papua membuktikan bahwa kita juga bisa jauh lebih hebat dari anak-anak lain, dan paling utamanya dalam bidang kewirausahaan,” kata Billy Mambrasar.

“Orang-orang terkaya di Indonesia dan juga di dunia kan adalah entrepreneurs. Kita bisa buat Papua maju dan sejahtera dengan menggerakkan sektor kewirausahaan ini,” pungkasnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA