Sandiaga: Digital Marketing Is A Must

Sandiaga Uno/RMOL

Kaum milenial jangan menggantungkan nasib sepenuhnya dengan bekerja pada perusahaan-perusahaan. Generasi muda bisa menciptakan peluang bisnis sendiri dan memanfaatkan dunia digitalisasi untuk meningkatkan ekonomi diri.

Saran itu disampaikan Sandiaga Salahudin Uno saat menjadi pembicara dalam webinar yang digelar Universitas Sriwijaya akhir pekan ini.  "Do what you love and love what you do. Lakukan yang kalian suka dan kerjakan yang kalian cintai. Itu langkah paling dasar agar usaha yang dilakukan bisa lebih bertahan," ujar pengusaha yang juga politisi partai Gerindra itu.

Sandiaga mengatakan, pandemi sangat berdampak pada keberlangsungan bisnis di Indonesia. Mantan calon Wakil Presiden itu menyebut, sekitar 39,1% usaha terhenti dan sekitar 57,1% usaha tetap berjalan tetapi produksi menurun aakibat pandemi Covid-19. Mengacu pada data Kemenaker per 2 Juni 2020, pandemi Covid-19 telah menyebabkan 3.05 juta pengangguran akibat PHK massal.

Sandiaga menambahkan, di tengah kondisi keterpurukan ini, generasi muda dan UMKM harus berani untuk bangkit dan mulai mencari peluang bisnis untuk bertahan hidup.

Sandiaga menyarankan, pelaku UMKM harus berani merubah bisnis model. UMKM harus berani memodifikasi produknya agar sesuai dengan tren pasar saat ini.

UMKM harus pula pandai untuk memanfaatkan teknologi untuk memasarkan produknya. "UMKM harus pintar memaksimalkan teknologi digital untuk memasarkan produknya ke masyarakat umum. Digital marketing is a must," ujar Sandiaga.

Sandiaga menyarankan pelaku UMKM membangun kolaborasi antar sesama pelaku usaha untuk bersinergi membangun usaha yang lebih kokoh. 

"Jika semua langkah itu sudah dilakukan, maka yang terakhir mulai merancang rencana pemulihan usaha paska bencana," ujar dia.

Sandiaga menambahkan, kaum milenial adalah  tulang punggung ekonomi. Yang terpenting jika ingin berwirausaha, ubah pola pikir.  Millenial yang saat ini menjadi mahasiswa bisa memanfaatkan teknologi untuk berusaha.

"Untuk anak muda khususnya yang mencari lapangan kerja, ambil hikmah dari pandemi ini. Temukan potensi diri, mungkin selama ini tersimpan tapi kita abaikan," tukasnya.

Senada dengan Sandiaga, anggota Komisi XI DPR RI dari Fraksi Gerindra Kamrussamad mengatakan, pelaku usaha UMKM harus memanfaatkan teknologi e-commerce dalam mengembangkan usaha.

Ia menyebut, banyak keuntungan yang didapat dengan menjalankan e-commerce. Seperti biaya operasional pemasaran yang  berkurang signifikan, proses yang lebih mudah dan cepat, karena bisa dilakukan dari manapun dan peluang pasar pun menjadi lebih luas.

"Kuncinya adalah bagaimana mengemas produk yang dihasilkan agar bisa menjangkau target pasar secara spesifik."

Pelaku usaha mengetahui apa yang sedang tren atau menarik perhatian di sosial media.  Selalu berinteraksi dengan audience. Serta melakukan kolaborasi untuk meningkatkan jangkauan audience. "Gunakan Social Media Marketing Tools untuk membantu pengelolaan sosmed," saran dia.

Kolom Komentar


Video

Wanita Terbakar Dalam Mobil di Sukoharjo, Diduga Korban Pembunuhan

Rabu, 21 Oktober 2020
Video

DENDI RAMADHONA DAN PESAWARAN

Rabu, 21 Oktober 2020
Video

Diduga Melanggar, Bawaslu Panggil Calon Bupati Semarang

Kamis, 22 Oktober 2020

Artikel Lainnya

Libur Panjang, Lebih Dari 500 Ribu Kendaraan Tinggalkan Ibukota
Nusantara

Libur Panjang, Lebih Dari 50..

30 Oktober 2020 13:05
Alasan Perumnas Pesawaran Residence Tutup Akses Jalan Dibantah Pengelola Ponpes Darul Ulum Pesawaran
Nusantara

Alasan Perumnas Pesawaran Re..

30 Oktober 2020 10:59
Kecam Pesepeda Lintasi JLNT Casablanca, Nasdem: Jangan Cuma Fisiknya Yang Sehat, Tapi Otaknya Sakit
Nusantara

Kecam Pesepeda Lintasi JLNT ..

30 Oktober 2020 10:49
Oknum Guru Ajak Murid Tak Pilih Ketua OSIS Non-Muslim, Politikus PKS Minta Publik Jangan Langsung Menghakimi
Nusantara

Oknum Guru Ajak Murid Tak Pi..

30 Oktober 2020 10:36
Alasan Bioskop Belum Beroperasi Walau Sudah Ada Lampu Hijau
Nusantara

Alasan Bioskop Belum Beroper..

30 Oktober 2020 07:47
Wiku Adisasmito: 54 Daerah Masuk Zona Oranye Harus Segera Lakukan Evaluasi Menyeluruh
Nusantara

Wiku Adisasmito: 54 Daerah M..

30 Oktober 2020 03:15
Targetkan Partisipasi Pilkada 80 Persen, KPUD Serang Gandeng Ormas, OKP Dan LSM
Nusantara

Targetkan Partisipasi Pilkad..

30 Oktober 2020 02:55
Arus Kendaraan Masih Tinggi, Polisi Alihkan Jalur Bandung Menuju Garut
Nusantara

Arus Kendaraan Masih Tinggi,..

30 Oktober 2020 01:32