Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Lewat Upacara Jumenengan, PRA Luqman Zulkaedin Resmi Menjadi Sultan Sepuh XV Kesultanan Kasepuhan Cirebon

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/agus-dwi-1'>AGUS DWI</a>
LAPORAN: AGUS DWI
  • Senin, 31 Agustus 2020, 09:03 WIB
Lewat Upacara Jumenengan, PRA Luqman Zulkaedin Resmi Menjadi Sultan Sepuh XV Kesultanan Kasepuhan Cirebon
Penobatan PRA Luqman Zulkaedin sebagai Sultan Sepuh XV Kesultanan Kasepuhan Cirebon/RMOLJabar
rmol news logo Pangeran Raja Adipati (PRA) Luqman Zulkaedin resmi dinobatkan sebagai Sultan Sepuh XV Kesultanan Kasepuhan Cirebon menggantikan almarhum ayahnya, Sultan Sepuh XIV PRA Arief Natadiningrat, melalui upacara Jumenengan, Minggu (30/8).

Dilaporkan Kantor Berita RMOLJabar, penobatan Sultan Sepuh XV itu ditandai dengan penyerahan dan penyematan Keris Sunan Gunung Jati yang dilakukan oleh PR Goemelar Soeriadiningrat kepada PRA Luqman Zulkaedin.

Selanjutnya, Sekjen Forum Silaturahmi Keraton Nusantara (FSKN), Raden Rasich Hanif Radinal dari Kerajaan Galuh menyematkan Pin kepada Sultan Sepuh XV PRA Luqman Zulkaedin.

Penyematan Pin juga dilakukan oleh Karaeng Turikale VIII, Brigjen Pol (P) AA Mapparessa, dari Kerajaan Turikale Maros Sulsel mewakili Raja dan Sultan se-nusantara.

Jumenengan yang dilaksanakan di Keraton Kasepuhan itu digelar bersamaan dengan tahlil peringatan 40 hari wafatnya Sultan Sepuh XIV PRA Arief Natadiningrat, Minggu (30/8).

Para tamu undangan yang hadir dalam Jumenengan di antaranya, warga kesultanan Cirebon, Walikota Cirebon Nashrudin, Bupati Cirebon Imron Rosyadi, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, dan para pejabat pemerintah lainnya baik sipil maupun militer.

Selain itu, turut hadir para Raja dan Sultan se-nusantara, para pimpinan pondok pesantren Cirebon dan lain-lain.

Dalam pidatonya, Sultan Sepuh XV menceritakan tentang sosok ayahnya almarhum PRA Arief Natadiningrat yang wafat pada 22 Juli 2020.

Ia mengatakan, bahwa almarhum Sultan Sepuh XIV aktif di berbagai organisasi dari tingkat daerah sampai tingkat nasional. Beliau pernah menjabat sebagai anggota DPD RI dan MPR RI mewakili Jawa Barat pada 2004-2009.

“Dalam forum keraton nusantara, beliau didaulat sebagai Ketua Umum Forum Silaturahmi Keraton Nusantara (FSKN) periode 2017-2022,” terangnya.

Kemudian, almarhum Sultan Sepuh XIV juga aktif di berbagai kegiatan keagamaan, budaya, pariwisata, ekonomi kreatif dan lainnya yang beroerientasi pada pembangunan masyarakat.

PRA Luqman menambahkan, semasa masih hidup, almarhum Sultan Sepuh XIV telah menetapkan dirinya menjadi penerus Sultan sebagai tradisi turun temurun, yang dilaksanakan dari sejak era Sunan Gunung Jati ratusan tahun yang lalu, di mana pengganti Sultan adalah putra Sultan.

“Alhamdulillah dari Lembaga Peneliti dan Pentashih Nasab, Asyraf Azmatkhan Ahlulbait Internasional, telah menerbitkan buku paspor nasab untuk kami, dan baru saja diserahkan secara resmi oleh Alhabib Prof Dr KH R Shohibul Faroji Azmatkhan,” tutup PRA Luqman Zulkaedin. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA