Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Hasil Studi Sebut Bioskop Lebih Aman Dibanding Restoran

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-alfian-1'>AHMAD ALFIAN</a>
LAPORAN: AHMAD ALFIAN
  • Kamis, 27 Agustus 2020, 09:47 WIB
Hasil Studi Sebut Bioskop Lebih Aman Dibanding Restoran
Ilustrasi/Repro
rmol news logo Pemprov DKI Jakarta dalam waktu dekat berencana membuka kembali bioskop. Pembukaan kembali bioskop merupakan hal yang memungkinkan dilakukan saat ini berdasarkan kajian dari para pakar.

Jurubicara Satgas Covid-19, Wiku Adisasmito, saat jumpa pers secara virtual pada Rabu kemarin (26/8) mengatakan, keputusan pembukaan bioskop diambil berdasarkan kajian bersama para pakar dengan mempertimbangkan berbagai aspek. Mulai dari kesehatan, sosial, dan ekonomi

"Kita ingin memastikan seluruh prosesnya dilakukan secara bertahap, bertanggung jawab, dan transparan. Sehingga betul-betul pembukaan ini aman untuk kepentingan masyarakat luas," jelasnya di Gedung BNPB, Matraman, Jakarta Timur.

Hasil studi tersebut menunjukkan, dengan menerapkan protokol keselamatan Covid-19, bioskop memiliki risiko transmisi yang jauh lebih kecil dibandingkan tempat-tempat seperti kantor dan restoran.

Hal ini diperkuat oleh fakta ada 47 negara-negara di dunia yang diketahui sudah mulai membuka kembali bioskop dengan menerapkan protokol keselamatan.

Selain itu, bioskop sendiri memiliki kontribusi nilai ekonomi sekitar 10 triliun rupiah per tahun untuk Indonesia. Hal ini tentunya akan membawa banyak manfaat jika bioskop diizinkan kembali beroperasi.

Kemudian, hasil studi tersebut menyebutkan kalau bioskop jauh lebih aman dibandingkan tempat-tempat seperti kantor dan restoran.

Karena di bioskop penonton tidak saling berhadap-hadapan, penonton tidak berbicara satu sama lain, saat nonton tidak berinteraksi dengan orang yang tidak dikenal, dan udara di dalam auditorium disirkulasi dengan baik.

Selanjutnya dengan ukuran auditorium yang besar dan tinggi, bioskop dapat melakukan protokol pembersihan menyeluruh saat jeda pemutaran film. Sehingga bioskop dinilai memiliki kontrol yang lebih baik terhadap implementasi protokol Covid-19.

Mirip seperti di kereta commuter, di bioskop orang-orang lebih patuh terhadap protokol kesehatan karena lingkungan yang asing. Serta durasi penonton berada dalam auditorium jauh lebih singkat dibanding orang berada di dalam kantor.

Inilah yang kemudian membuat Pemprov DKI yakin untuk kembali membuka bioskop yang bisa berdampak positif terhadap roda ekonomi. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA