Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Pemprov DKI Gencar Bangun Fly Over Dan Underpasss, Berikut Progresnya

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-alfian-1'>AHMAD ALFIAN</a>
LAPORAN: AHMAD ALFIAN
  • Minggu, 23 Agustus 2020, 08:04 WIB
Pemprov DKI Gencar Bangun Fly Over Dan Underpasss, Berikut Progresnya
Fly over tapal kuda Lenteng Agung/Net
rmol news logo Pembangunan fly over dan underpass gencar dibangun Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dalam rangka mengurai kemacetan ibukota.

Salah satu yang hampir rampung adalah fly over tapal kuda yang berada di Lenteng Agung. Kepala Dinas Bina Marga Hari Nugroho mengatakan pekerjaan struktur atas fly over sudah selesai dikerjakan seluruhnya.

"Saat ini sedang dikerjakan pagar fly over/parapet sebagai pengaman kendaraan dan juga penataan taman di bawah fly over termasuk di dalamnya penataan landscape agar terlihat indah dan menarik nantinya," ujar Hari kepada wartawan, Minggu (23/8).

Selain itu, ada pembangunan fly over Tanjung Barat. Saat ini prosesnya sedang persiapan untuk pekerjaan penempatan balok jembatan yang menyeberangi rel KA.

Paralel dengan itu, sedang dikerjakan pelat lantai kendaraan berbarengan dengan pekerjaan pagar fly over (parapet) dan pekerjaan penataan drainase saluran.

Pemprov DKI juga tengah membangun Underpass Senen Ekstension. Tahapan pekerjaan sedang penggalian terowongan di bawah jalan Simpang Lima Senen, dilanjutkan dengan pengecoran pelat lantai sebagai sarana bagi kendaraan untuk lewat nantinya.

"Berbarengan dengan itu juga pengerjaan JPO, baik JPO di depan Pasar Senen maupun di depan Atrium. Termasuk juga pengembalian kondisi trotoar dan perapihan jalan samping underpass," jelas Hari

Selain proyek-proyek di atas, saat ini Pemprov DKI juga sedang mengerjakan fly over Cakung untuk menghilangkan persimpangan tak sebidang antara jalan raya dan jalan rel kereta api.

Dijelaskan pekerjaan fly over Cakung saat ini masih pekerjaan penempatan balok jembatan di atas kepala pier/kolom. Paralel dengan itu pelat lantai dan pagar fly over/parapet juga sedang dikerjakan

"Saat ini sedang dikerjakan juga pekerjaan yang krusial yaitu pekerjaan balok jembatan di atas rel KA dengan metode traveler cast in situ, yaitu pek yang sama metodenya dengan yang dipakai LRT di atas jalan tol dalam kota. Metode ini dipilih karena tidak mengganggu lalu lintas KA yang lewat di bawahnya," pungkasnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA