Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Malam Satu Suro Di Solo Dilakukan Tanpa Kirab

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/diki-trianto-1'>DIKI TRIANTO</a>
LAPORAN: DIKI TRIANTO
  • Rabu, 19 Agustus 2020, 20:45 WIB
Malam Satu Suro Di Solo Dilakukan Tanpa Kirab
Ketua Eksekutif Lembaga Hukum Dewan Adat Keraton Surakarta K.P.H Eddy Wirabhumi/Net
rmol news logo Perayaan malam 1 Suro di Kota Solo tahun ini digelar tanpa kirab.

Ketua Eksekutif Lembaga Hukum Dewan Adat Keraton Surakarta, K.P.H Eddy Wirabhumi menyampaikan, perayaan malam satu suro di masa pandemi Covid-19 dilakukan dengan cara berbeda. Tata cara pelaksanaan malam satu suro pun terpaksa ditiadakan.

Sebagai gantinya, diadakan selamatan dan doa bersama di masjid milik Keraton Solo yakni Masjid Agung. Acara dilaksanakan Rabu (19/8) malam pukul 21.00 WIB dengan tetap menjalankan protokol kesehatan yang ketat dan undangan juga dibatasi.

Tradisi malam satu suro menitikberatkan pada ketenteraman batin dan keselamatan. Sehingga langkah tepat jika menggelar doa bersama, termasuk mendoakan bagi Negara Republik Indonesia.

"Momen doa bersama yang digelar di Masjid Agung ini juga mendoakan agar pandemik Covid-19 ini bisa segera berlalu dari bumi pertiwi," jelasnya dilansir Kantor Berita RMOLJateng.

Edhy Wirabumi juga menegaskan, pihak penyelengara tetap menerapkan protokol kesehatan, di antaranya dengan menerapkan jaga jarak dan tetap menggunakan masker.

Pihaknya juga menyampaikan permohonan maaf kepada masyarakat yang biasanya ikut berpartisipasi dalam tradisi menyambut tahun baru dengan acara berkeliling (kirab) juga doa bersama tidak bisa dilakukan.

"Mohon maaf kita tidak bisa selenggarakan namun tidak berarti tidak bisa berdoa. Karena doa bisa darimana saja," pungkasnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA