Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Negara Tanpa Sistem Kesejahteraan, Ini Yang Bakal Terjadi

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/idham-anhari-1'>IDHAM ANHARI</a>
LAPORAN: IDHAM ANHARI
  • Selasa, 18 Agustus 2020, 23:26 WIB
Negara Tanpa Sistem Kesejahteraan, Ini Yang Bakal Terjadi
ILustrasi
rmol news logo Akademisi Universitas Diponegoro Prof Budi Setiyono menjabarkan bagaimana menyelenggarakan negara yang baik dengan sistem kesejahteraan.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Dalam materi paparan yang diterima Kantor Berita Politik RMOL, Selasa (18/8), Budi menyebut urgensi mewujudkan negara kesejahteraan Indonesia telah diamanatkan dalam UUD 1945.

Menurut dia, akan terjadi tiga masalah jika negara tanpa ada sistem kesejahteraan. Yang pertama, jelas dia, lemahnya rasa memiliki (self belonging) terhadap bangsa dan negara.

Kedua, akan terjadi kecenderungan untuk meremehkan dan merendahkan hukum, dan ketiga lemahnya rasa percaya diri warga negara.

Karena bagi Budi, negara ibarat keluarga besar, di mana masyarakat memiliki hak untuk mendapat perlindungan hukum dan keamanan, perlindungan sosial dan berpartisipasi dalam penyelenggaraan negara.

Serta, tambah Budi, memiliki kewajiban membayar pakak setelah umur 17 tahun, mentaati hukum dan ikut terlibat membela negara.

Budi menjelaskan, konsep kesejahteraan pada prinsipnya ialah model pemerintahan yang menjamin rakyat supaya bisa hidup diatas level kualitas hidup tertentu menggunakan perangkat social security agar rakyat dapat memenuhi paling tidak kebutuhan dasar minimal sandang, pangan, papan dan pendidikan. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA