Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Pemprov DKI Kolaborasi Dengan Warga Dan Komunitas Menata Kampung Akuarium

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-alfian-1'>AHMAD ALFIAN</a>
LAPORAN: AHMAD ALFIAN
  • Minggu, 16 Agustus 2020, 23:22 WIB
Pemprov DKI Kolaborasi Dengan Warga Dan Komunitas Menata Kampung Akuarium
Kegiatan warga Kampung Akuarium/Net
rmol news logo Dalam menata Kampung Akuarium, Pemprov DKI Jakarta menerapkan pemenuhan hak hunian yang menjadi hak dasar setiap warga dalam memperoleh hunian yang layak.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Sekretaris Daerah Provinsi DKI Jakarta, Saefullah, menjelaskan, Pemprov DKI Jakarta melalui Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman Provinsi DKI Jakarta, dalam melakukan peningkatan kawasan permukiman menggunakan pendekatan community action plan (CAP).

Saefullah mengatakan, sesuai dengan Kepgub 878/2018 tentang Gugus Tugas Pelaksanaan Penataan Kampung dan Masyarakat, ditetapkan 21 kampung prioritas, salah satunya adalah Kampung Akuarium.

"Pada Kampung Akuarium yang terletak di Kelurahan Penjaringan, Kecamatan Penjaringan, Kota Administrasi Jakarta Utara, kegiatan CAP-nya telah dilaksanakan pada tahun anggaran 2018. Perencanaan penataan Kampung Akuarium ini melibatkan peran aktif warga Kampung Akuarium beserta komunitas," terang Saefullah, Minggu (16/8).

Di samping itu, Plt. Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman Provinsi DKI Jakarta, Sarjoko, menambahkan, dalam proses penataan Kampung Akuarium, Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman Provinsi DKI Jakarta juga berkolaborasi dengan RUJAK Centre for Urban Studies dan Jaringan Rakyat Miskin Kota (JRMK) Jakarta.

"Kolaborasi ini untuk merencanakan dan merumuskan apa saja kebutuhan warga, sehingga pembangunan nantinya benar-benar sesuai dengan yang diharapkan. Perancangan desain awal pun mempertimbangkan berbagai hal untuk mewujudkan hunian yang layak dan sehat," imbuh Sarjoko.

Program CAP ini juga disambut baik oleh warga Kampung Akuarium. Hal ini lantaran warga diberikan kesempatan untuk merumuskan kebutuhan dasar mereka dalam mendapatkan hunian yang layak.  

Prinsip rancangan Kampung Akuarium memiliki proyeksi masa depan dengan menggambarkan prinsip tetap memiliki ciri “kampung” dengan mengakomodir interaksi sosial yang tinggi. Mengupayakan keselarasan dengan lingkungan sekitar (cagar budaya).

Visi Kampung Akuarium sebagai Kampung Wisata Bahari mengutamakan pertimbangan teknis pembangunan yang efisien tetapi tetap estetis, nyaman dan fungsional. Komposisi lahan terbuka dan terbangun sebanyak 50:50 dengan terdapat tempat niaga, fasilitas umum dan ruang terbuka, serta permukiman.

Penataan Kampung Akuarium ini adalah proyek awal yang akan menjadi panduan bagi penataan kampung-kampung yang lain. Dibangun atas kewajiban pemenuhan sarana-prasana oleh pihak pengembang, Kampung Akuarium mulai dikerjakan pada September 2020. Pembangunan Kampung Akuarium direncanakan selesai pada Desember 2021. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA