KPU Sulut Selesaikan Tahapan Coklit Pilkada 2020

Ketua KPU Sulawesi Utara, Ardiles Mewoh/RMOL

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sulawesi Utara sudah menyelesaikan tahapan pencocokan dan penelitian (Coklit) untuk pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2020 di wilayah Provinsi Sulawesi Utara.

Ketua KPU Sulawesi Utara, Ardiles Mewoh mengatakan, tahapan Coklit untuk Pilkada di empat Kabupaten, tiga Kota, dan Pilgub tahun 2020 di Sulawesi Utara sampai hari ini berjalan lancar.

"Ya alhamdulillah, KPU Sulut sampai hari ini masih berjalan lancar. Kita baru selesai coklit dan bentar lagi persiapan pendaftaran untuk bakal calon," kata Ardiles saat berbincang dengan wartawan di rumah kopi Billy, Kota Manado, Sabtu (15/8).

Menurut Ardiles, KPU Sulut akan melakukan pendaftaran bakal calon kepala daerah (cakada) untuk empat Kabupaten, tiga Kota, dan Pilgub.

"Jadi ada 4 Kabupaten, 3 Kota sama Pilgub itu tanggal 4 sampai 6 September pendaftarannya. Kita sudah sosialisasikan bagaimana syarat-syaratnya, baik pada pencalonan maupun syarat calon pada pimpinan partai politik," ujar Ardiles.

Ardiles menyatakan, sosialisasi tersebut sebagai salah satu upaya KPU Sulut untuk memastikan partai politik betul-betul secara detail dan mendalam terkait persyaratan yang harus dipenuhi.

"Karena KPU Sulut berkeinginan untuk semua calon Pilkada yang diusulkan partai politik nanti calon-calon yang memenuhi persyaratan," ucap Ardiles.

Ardiles berharap, pilkada di Sulawesi Utara nantinya tidak menjadi persoalan jika calon kepala daerah tidak memenuhi syarat yang diusulkan.

"Akhirnya digugurkan, sengketa, prosesnya lebih panjang dan menguras energi semua pihak. Untuk partai politik, carilah calon kepala daerah yang memenuhi ketentuan itu," jelas Ardiles.

Ardiles menambahkan, KPU Sulut juga telah menyusun daftar inventarisasi masalah daerah-daerah yang secara histori punya sejarah Pilkada yang tidak baik. Strateginya dengan memperkuat penyelenggaraannya di situ. Misal di kota Manado dari pemilu ke pemilu sudah ada persoalan.

"Kita sudah coba menyusun strategi supaya di tempat-tempat tersebut, bisa diberi perhatian khusus. Kalau di Sulut ini kan selain di kota Manado itu, ada di Kabupaten Minsel dan kota Bitung. Nah, kita sudah mengantisipasi persoalan-persoalan itu," pungkas Ardiles Mewoh.

Kolom Komentar


Video

#KamiMasihAda Pemkot Fasilitasi Launching Album 30 Musisi Semarang

Kamis, 24 September 2020
Video

Tanya Jawab Cak Ulung - Ancaman dan Peluang Pilkada

Kamis, 24 September 2020

Artikel Lainnya

Wisma Atlet Pindahkan 34 Fasilitas Ruang ICU Ke RS Universitas Indonesia
Nusantara

Wisma Atlet Pindahkan 34 Fas..

26 September 2020 18:57
Mundurnya Akmal Taher Indikasi Ada Kesalahan Dalam Penanganan Covid-19 Di Indonesia
Nusantara

Mundurnya Akmal Taher Indika..

26 September 2020 17:49
Bertambah 4.494 Kasus, Total 271.339 Orang Terjangkit Covid-19
Nusantara

Bertambah 4.494 Kasus, Total..

26 September 2020 16:11
Sambut Pjs Gubernur Sulut, Olly Dondokambey: Selamat Bekerja Pak Agus Fatoni, Kita Gantian Sementara
Nusantara

Sambut Pjs Gubernur Sulut, O..

26 September 2020 11:37
Anwar Abbas Setuju Wacana Sumatera Barat Diganti Jadi Provinsi Minangkabau
Nusantara

Anwar Abbas Setuju Wacana Su..

26 September 2020 10:43
Eddi Widiono Dukung VBL Wujudkan Koridor Listrik NTT-Jawa
Nusantara

Eddi Widiono Dukung VBL Wuju..

26 September 2020 09:34
Hari Ini, Airlangga Kampanye
Nusantara

Hari Ini, Airlangga Kampanye..

26 September 2020 07:59
Dinas PUPR Kalsel Bangun Akses Jalan Menuju Makam Datu Kelampayan Target Selesai 2024
Nusantara

Dinas PUPR Kalsel Bangun Aks..

26 September 2020 07:31