Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Orkestra Dan Paduan Suara Binaan BG Tampil Di Sidang Tahunan MPR

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/faisal-aristama-1'>FAISAL ARISTAMA</a>
LAPORAN: FAISAL ARISTAMA
  • Jumat, 14 Agustus 2020, 16:08 WIB
Orkestra Dan Paduan Suara Binaan BG Tampil Di Sidang Tahunan MPR
Orkestra dan paduan suara dari taruna Sekolah Tinggi Intelijen Negara (STIN) tampil di acara sidang tahunan MPR RI/Net
rmol news logo Orkestra dan paduan suara dari taruna Sekolah Tinggi Intelijen Negara (STIN) tampil di acara sidang tahunan MPR RI Jumat (14/8).
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Orkestra dan paduan suara itu merupakan binaan Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Jenderal (Purn) Budi Gunawan dan diasuh oleh Gubernur STIN Rodon Pedrason.

Taruna STIN pun turut bangga bisa mewakili sekolahnya untuk tampil di acara kenegaraan tersebut.

"Kami cukup bangga mewakili STIN dan Badan Intelijen Negara, juga bisa tampil dan menjadi suatu kehormatan bagi kami dapat mendampingi Bapak Presiden dan Wakil Presiden beserta pejabat lainnya dalam Sidang Tahunan MPR yang diadakan setahun sekali," ujar taruna penanggung jawab orkestra STIN yang dirahasiakan namanya, di Komplek Parlemen RI, Senayan, Jakarta, Jumat (14/8).

Sekadar informasi, pembentukan orkestra STIN bermula dari pengembangan UKT Taruna Band menjadi Brass Band pada 17 Maret 2017 dengan menambahkan alat musik tiup.

Kemudian, dengan penambahan alat musik gesek pada 9 Februari 2019, Brass Band berkembang menjadi mini orkestra.

Pada 13 Mei 2020, mini Orkestra itu pun bertransformasi menjadi orkestra tipe A yang disahkan namanya menjadi Gita Mahaswara Orchestra oleh Gubernur STIN, Mayjen TNI Rodon Pedrason, pada 30 Mei 2020.

Dalam penampilannya, orkestra STIN berkolaborasi dengan paduan suara STIN yang diresmikan dengan nama Gita Swarananta Choir pada 22 Juli 2020.

Adapun sejak mulai berlatih selama kurang lebih 2 bulan jumlah taruna dan Taruni STIN yang terlibat dalam orkestra sebanyak 170 personil serta 50 personil untuk paduan suara.

Meskipun secara keseluruhan tidak memiliki dasar memainkan alat musik sebelumnya, namun dengan berlatih bersungguh-sungguh mereka telah membuktikan mampu menampilkan yang terbaik pada penampilan perdana pagi ini di MPR/DPR, mereka hanya berkekuatan 30 orang mengacu protokol kesehatan Covid-19 jaga jarak menyesuaikan dengan lokasi yang ada.

Adapun, pembentukan orkestra dan paduan suara ini untuk menjadikan STIN sebagai world intelligence class.

Selama latihan, orkestra dan paduan suara dilatih oleh para pelatih profesional yang dipimpin oleh Marthin Tupanno (pelatih konduktor dan vokal serta arranger), Hari Santosa (pelatih vokal dan arranger), David Santoso (pelatih biola dan arranger), Peltu Suhono (composer), Pelda Surono (pelatih terompet), Serma Sutomo (pelatih clarinet), Serma Pintoro (pelatih saxophone), Demas Bagus (pelatih combo) dan Rully (pelatih cello dan contra bass). rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA